Musim Haji, Kemenhub Cek Kelaikan Pesawat Calon Jemaah Haji Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kemenhub Polana Pramesti (ANTARA/ Juwita Trisna Rahayu)

Merahputih.com - Kementerian Perhubungan terus memastikan pelaksanaan keberangkatan angkutan haji 2019 dapat berjalan lancar dengan melakukan ramp check pesawat yang akan menerbangkan calon jamaah haji berstatus laik terbang.

“Kami berusaha musim haji tahun ini berjalan lancar tanpa kendala serta penerbangan yang mengacu pada tiga aspek yakni Safety, Security dan Service dan Compliance kepatuhan terhadap aturan,” ujar Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan, Polana B Pramesti di Yogyakarta, Senin (8/7).

BACA JUGA: Pesan JK Saat Melepas Jamaah Haji Kloter Pertama Asal Jakarta

Laporan hasil pemeriksaan kelaikan pesawat atau ramp check per 7 Juli 2019 yang dilakukan oleh Direktorat Jenderal Perhubungan Udara per 7 Juli, dengan tipe jenis pesawat Boeing B747-400 dengan pemeriksaan sebanyak enam, Boeing B777-300 jumlah pemeriksaan satu, Boeing B737-800 NG jumlah pemeriksaan dua, dan Boeing B737 – 900 ER jumlah pemeriksaan satu.

Ramp check sampai saat ini berdasarkan lokasi bandar udara terdiri dari Bandar Udara Soekarno-Hatta, Cengkareng, Lombok Praya, Lombok, Sultan Syarif Kasim II, Pekanbaru, Hang Nadim, Batam dan Juanda, Surabaya.

Calon jemaah haji Indonesia tiba di Madinah
Calon Jemaah Haji (CJH) Indonesia tiba di Madinah, Arab Saudi (ANTARA FOTO/Wahyu Putro)

Kemenhub juga melakukan rapat persiapan angkutan haji secara nasional, melakukan simulasi arus keberangkatan jamaah haji, memonitoring setiap keberangkatan jamaah haji melalui asrama atau embarkasi antara menuju bandara embarkasi utama, dan terutama melakukan ramp check terhadap pesawat yang akan memberangkatkan jamaah haji sehingga pelaksanaan angkutan haji berjalan dengan baik.

BACA JUGA: Menag Jelaskan Fasilitas Baru Bagi Calon Haji Asal Indonesia di Tanah Suci

Proses ramp check, sebagaimana dikutip Antara, akan dilakukan oleh para Inspektur dari Direktorat Kelaikudaraan dan Pengoperasian Pesawat Udara (DKPPU) serta Inspektur Otoritas Bandar Udara (OBU), meliputi Inspektur penerbangan (Airworthiness inspector, Flight operation inspector, Cabin safety inspector dan Aircraft dispatcher inspector). (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH