Musik

Musik Virtual, Cara Baru Menikmati Musik

Hendaru Tri HanggoroHendaru Tri Hanggoro - Jumat, 02 September 2022
Musik Virtual, Cara Baru Menikmati Musik
LucuVerse, sebuah platform musik virtual, berupaya mengembangkan musik virtual kepada masyarakat luas dan memberikan pengalaman baru dalam mendengarkan musik. (Foto: Collab Asia)

PERKEMBANGAN teknologi telah membawa sejarah umat manusia sampai ke babak virtual reality. Dikenal sebagai Metaverse, teknologi ini memungkinkan manusia menjelajah ruang tanpa memerlukan kehadiran fisik.

Saat bersamaan, teknologi Metaverse memberikan kesempatan bagi manusia untuk merasakan suara lebih daripada pengalaman sebelumnya. Melihat perkembangan ini, LucuVerse, sebuah platform musik virtual, berupaya mengembangkan musik virtual kepada masyarakat luas dan memberikan pengalaman baru dalam mendengarkan musik.

Sebuah karakter musisi virtual bernama DJ Lucu ditampilkan dalam LucuVerse. Sebelumnya DJ Lucu dikenal dengan lagu-lagunya yang menjadi viral di platform media sosial TikTok dengan meraih lebih dari 1 juta total penayangan dan total lebih dari 318.000 video kreasi di platform tersebut.

Project manager LucuVerse, Ega, menyatakan “suatu kebanggan bagi kami untuk mempersembahkan LucuVerse, setiap project LucuVerse adalah langkah untuk mengembangkan eco-system musik di ranah virtual melalui web 3.0. Nantikan juga LucuVerse Virtual Showcase yang akan di selenggarakan pada bulan Oktober tahun 2022” ujar Ega dalam keterangan resminya.

DJ Lucu adalah musisi virtual ditampilkan dengan figur kepala yang unik bergenre musik elektronik dan memiliki konsep musik yang berani, cerah dan indah.

Setelah sukses merilis musik digital pertamanya yang berjudul “Running Away” di LucuVerse, DJ Lucu kembali hadir berkolaborasi dengan konten kreator tanah air bernama Dominique.

Dominique adalah seorang content creator dari Fairy Entertainment, anak muda berprestasi asal Surabaya yang sering membagikan konten song cover, hingga modelling di sosial media. Ia juga aktif dan berprestasi sebagai juara dalam ajang pencarian bakat.

Baca juga:

NOAH Rilis Video Musik 'Kota Mati' dengan Teknologi Deep Fake

musik virtual dj lucu
Dominique adalah seorang content creator dari Fairy Entertainment, anak muda berprestasi asal Surabaya yang sering membagikan konten song cover, hingga modelling di sosial media. (Foto: Collab Asia)

Single “Full of Fire” dirilis pada 19 Agustus 2022 di berbagai platform musik streaming digital dan juga YouTube untuk musik videonya dengan tema musik upbeat, fun dan danceable. lagu ini dirilis untuk memeriahkan hari kemerdekaan Indonesia yang ke 77.

“Full of Fire" juga berhasil menembus featured playlist di berbagai aplikasi musik streaming, diantaranya “Full of Fire” dapat ditemukan di dalam playlist Lantai Dansa, New Music Friday, New Music Friday Indonesia di Spotify, New Sound-Digster, Ke Seberang, serta New Music Alert di Resso.

Pada hari rilisnya, publik diundang untuk berkunjung ke LucuVerse space gather town yang dibuka secara umum selama satu minggu (19-26 Agustus 2022). Dalam laman tersebut, publik dapat menghadiri peluncuran lagu dan music video “Full of Fire”.

Ada pula koleksi NFT yang dapat dilihat dan dibeli. Seluruh informasi terkait LucuVerse juga dibagikan di space tersebut.

NFT Full of Fire dan lagu DJ Lucu lainnya, sudah dapat dibeli melalui NFT marketplace bernama Opensea. NFT collection tersebut dibaluti dengan elemen visual profile picture yang sempat trending yaitu NFT collection avatar dengan mengusung tema “Citayam Fashion Week”.

Keuntungan bagi para pembeli NFT collection di LucuVerse adalah para pembeli tak hanya bisa mendengarkan lagu namun juga bisa menciptakan karya baru. Bagi 11 orang pertama yang membeli NFT collection lagu di LucuVerse, pemilik NFT berhak mendapatkan royalti dari lagu yang didistribusikan ke platform musik digital sebesar 50% yang dibagi rata.

Baca juga:

Tulus Kisahkan Hati yang Patah di Video Musik 'Nala'

Selain itu pembeli juga dapat memiliki STEMS Remix lagu, yang mana mereka boleh menggunakan lagu tersebut untuk keperluan karya konten, bahkan di YouTube dan dapat di monetisasi namun tidak boleh diperjual belikan ke orang lain. LucuVerse juga menyediakan merchandise eksklusif, untuk pembelian lebih dari satu koleksi NFT.

Tak hanya sebagai platform musik digital, LucuVerse hadir sebagai komunitas, mengajak pembeli, pengguna, pendengar atau hanya audiens untuk bergabung dalam komunitas LucuVerse di platform Discord dan juga Twitter.

Publik dengan mudah dapat mengakses informasi dan berbagi cerita dalam platform komunitas yang disediakan. Komunitas yang dibangun untuk mewujudkan generasi yang cakap akan perkembangan teknologi Web 3.0 dan menjadi ajang networking bagi para digital artist. (dru)

Baca juga:

Livingroom Hadirkan Video Musik untuk Single ‘Stars’

#Musik
Bagikan
Bagikan