Musik Metal Pengaruhi Tubuh Kamu! Grup musik metal, Viscral (Foto: instagram@viscralofficial)

ALUNAN nada dan dentuman yang begitu keras serta suara vokalis yang melengking hingga meraung. Diramaikan penggemarnya yang datang lengkap dengan gayanya yang identik berwarna hitam mulai dari baju, make up hingga aksesoris lainnya. Membuat orang yang tak begitu mengerti dengan aliran musik metal bertanya-tanya, “mau nonton konser atau tawuran sih”?

Belum lagi liriknya yang seringkali kontroversial karena mengangkat tema pemberontakan, perlawanan dan sadisme hingga gore musik metal selalu diidentifikasikan dengan hal-hal negatif dan disebut sebagai musik yang agresif.

Baca Juga:

Mendengar Musik saat Belajar Memberi Banyak Manfaat

Seiring berkembangnya zaman dan perkembangan musik, kini musik metal sedikit demi sedikit memberikan kesan yang lebih positif bagi pendengar sejatinya. Ini diungkapkan oleh Pradia Eggi, vokalis dari band metal tanah air, Viscral.

“Musik metal bagi orang awam pasti dilihat sebagai sesuatu yang anarkis, tidak beraturan dan terkesan rusuh. Padahal dewasa ini musik metal justru menjadi contoh positif untuk pergerakan hingga manuver lainnya,” ujar Eggi.

Tak hanya itu, pemusik metal yang kerap dinilai pembuat onar atau dinilai brutal ini justru memberikan contoh positif bagi para penggemarnya seperti melakukan kegiatan sosial.

“Mereka enggak hanya bermusik. Musisi dan penikmat musik metal juga dikenal sering beraksi untuk sesuatu yang bersifat sosial dari amal untuk korban bencana hingga pembangunan sekolah. Mereka menggalang dana dari pendapatan event, dan pendapatan merchandise,” tambah Eggi.

Semangat olahraga

musik
Musik metal membuat seseorang menjadi lebih semangat berolahraga. (Foto: Pexels/Pixabay)

Melansir beberapa sumber, mendengarkan musik metal bisa membantu memaksimalkan energi yang dikeluarkan. Hal ini disebabkan karena jika mendengarkan musik dengan tempo yang lebih cepat seperti musik metal, akan mempengaruhi gerakan orang tersebut dan membuat orang yang sedang melakukan kegiatan akan lebih bersemangat. Selain itu, mendengarkan lagu metal dapat mengalihkan perhatian sehingga membuat kamu lupa dengan aktivitas yang sedang dilakukan dan dapat memaksimalkan tenaga yang kamu punya, dengan begitu, semakin banyak berolahraga akan semakin sehat juga tubuhmu.

Penghilang stres

musik
Musik metal bisa menjadh penghilang stres. (Foto: Pexels/Tim Gouw)

Dari laman bobsledrecords, musik metal dapat membantu melepaskan proses amarah seseorang dan mampu mengatur rasa sedih yang dirasakan. Tidak hanya itu, musik metal juga dapat menenangkan para pendengarnya karena dapat menimbulkan perasaan aktif dan inspiratif dimana musik metal telah mewakili perasaan amarah yang dirasakan oleh pendengar.

Baca Juga:

Sah! UNESCO Tetapkan Ambon Sebagai Kota Musik


Meminimalisir gangguan kecemasan

musik
Musik metal bisa meminimalisir gangguan kecemasan (Foto: Pexels/Kat Jayne)

Melansir dari laman neuroscience, musik pada umumnya bisa meminimalisir gangguan kecemasan karena mendengarkan musik dapat membuat orang lebih rileks. Tidak hanya musik-musk klasik, musik metal juga bisa membuat pendengarnya menjadi jauh lebih rileks. Karena dengan mendengarkan musik metal bisa menjadi pengalih perhatian bagi mereka yang merasa cemas.


Memperbaiki suasana hati

musik
Mendengarkan musik metal bisa meningkatkan suasana hati (Foto: Pexels/Just Name)

Musik apapun tentunya dapat memperbaiki suasana hati, Hal ini disebabkan mendengarkan musik akan memicu keluarnya dopamin di tubuh. Dopamin adalah hormon yang dapat mengendalikan emosi pada tubuh. Sehingga jika dilepaskan dalam jumlah yang tepat, hormon ini bisa meningkatkan suasana hati yang dapat membuat orang menjadi lebih senang dan bahagia. (bel)


Baca Juga:

Preferensi Musikmu Pengaruhi Kepribadian dan Pandangan Politik


Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH