Musik Kamu, Kepribadian Kamu Pilihan musik harmonis dengan kepribadian. (Foto: Pexels/pixabay)

MUSIK bukan sekedar alunan yang didengarkan oleh jiwa. Pemilhan genre musik memang diselaraskan oleh kepribadian kamu sendiri. Meskipun tionggal dalam lingkungan dengan genre yang berbeda, kamu tidak terpengaruh karena memang kepribadiaan kamu menyukai jenis musik yang lain.

Riset yang dibuat oleh ahli psikologi Jason Rentfrow dan Sam Gosling dari Heriot-Watt University yang dimuat dalam laman verywellmind, menyebutkan bahwa tipe musik yang kamu dengar mengungkapkan kepribadian kamu.

Pop

musik
Penggemar musik pop cenderung jujur. (Foto: Pixabay/lincerta)

Apakah kamu suka mendengar lagu-lagu pop seperti Maroon 5, Taylor Swift, Ed Sheeran, Adele, atau Shawn Mendes? Pendegar jenis musik ini biasanya lebih cenderung ekstrovert, jujur, dan konvensional. Memiliki PD yang tinggi. Walaupun sebenarnya kurang kreatif dan sedikit menyulitkan diri sendiri.


Hip Hop

musik
Penyuka Hip Hop memiliki tingkat PD yang tinggi. (Foto: Pexels/Pixabay)

Jika kamu orang yang suka dengar lagu seperti Drake, Cardi B, Post Malone, atau Wiz Khalifa. Sepertinya kamu orang bisa dikatakan orang yang agresif. Tapi kamu memiliki self esteem yang tinggi dan biasanya outgoing. Benar kan?

Indie

musik
Penyuka musik indie biasanya selalu gelisah. (Foto: Pexels/Pixabay)

Penikmat musik indie ini lebih cenderung kreatif, intelektualitas yang tinggi dan sedikit introvert. Sayangnya penikmat musik ini memiliki PD yang rendah dan kurang gentle, serta pasif dan selalu gelisah.

Dance

musik
Sesuai dengan tempo musiknya penikmat musik dance lebih outgoing. (Foto: Pexels/Thibault Trillet)

Jika kamu suka lagu-lagu dance seperti J.Lo, Beyonce, Dua Lipa, DJ Snake, atau Clean Bandit. Biasanya kamu cenderung lebih outgoing dan tegas.

Klasik

musik
Penikmat musik klasik biasanya kreatif. (Foto: Pexels/Fernando Arcos)

Jika kamu suka mendengar recital lagu-lagu klasik, atau suka lagu-lagu karya Beethoven, Mozart dan musisi sejenisnya, biasanya lebih cenderung kreatif dan punya PD yang baik.


Jazz, Blues, Soul

musik
Penyuka musik ini termasuk orang pintar. (Foto: Pexels/Pixabay)

Penikmat musik ini cenderung lebih extrovert dengan self esteem yang tinggi. Termasuk pula dalam jajaran orang-orang yang kreatif, pintar dan nyaman. (ald)



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH