Musik
Musik dapat Tunjukan Siapa Diri Kamu Musik mengungkapkan kepribadian seseorang. (Foto: Pixabay/tiburi)

HARUS diakui bahwa musik memiliki peran penting dalam kehidupan semua orang. Mendengarkan musik adalah salah satu cara mengelola suasana hati, memotivasi diri atau sekadar mendapatkan inspirasi.

Tak hanya itu musik kemudian menjadi salah satu cara mengungkap identitas dirinya. Musik yang jadi kesukaan tiap orang bisa menunjukan kepribadiannya.

Baca Juga:

Anak Butuh Lebih Banyak Pelukan, Ini Cara Melakukannya dengan Benar

musik
Musik yang jadi kesukaan seseorang bisa menggambarkan kepribadiannya. (Foto: Pexels/Burst)

Melansir dari verywellmind, terdapat satu studi skala besar yang dilakukan oleh para peneliti di Universitas Heriot- Watt mengamati lebih dari 36 ribu responden dari seluruh dunia. Responden diminta untuk menilai lebih dari 104 gaya musik yang berbeda selain menawarkan informasi tentang aspek kepribadian mereka.

Menurut peneliti, Adrian North, alasan orang terkadang merasa defensif pada selera musik mereka. Bisa jadi karena terkait dengan seberapa besar hubungannya dengan sikap dan kepribadian. North menyarankan agar orang mendefenisikan diri mereka sendiri melalui musik dan menggunakannya sebagai sarana untuk berhubungan dengan orang lain. Penelitiannya menunjukkan hubungan yang sering dibuat orang antara siapa mereka sebagai individu dan selera musik mereka.

Pendengar musik pop biasanya cenderung ekstorvert, jujur dan konvensional. Mereka adalah pekerja keras dan memiliki harga diri yang tinggi. Namun mereka adalah orang yang cenderung kurang kreatif dan mudah gelisah. Rentfrow mengungkapkan bahwa orang yang menyukai musik pop lebih berpikiran sederhana dan bukanlah hal yang buruk. Mereka biasanya menghindari membuat sesuatu hal menjadi lebih rumit.

Sementara penggemar musik Jazz, blues atau soul dan klasik rata-rata adalah orang pintar bahkan biasanya mereka memiliki skor IQ di atas rata-rata. Termasuk pula dalam jajaran orang ekstrovert. Mereka adalah orang yang kreatif, cerdas dan santai. Namun biasanya para pecinta musik klasik lebih tertutup dan nyaman dengan dirinya sendiri dan dunianya.

Kemudian penggemar musik rock atau heavy metal, dianggap mempromosikan perilaku seksual atau agresif pada remaja. Faktanya para penggemar musik itu biasanya memiliki sikap pemalu dibandingkan orang lain.

Baca Juga:

Musik dapat Menjadi Terapi Mental Healing

musik
Penggemar musik Jazz, blues atau soul dan klasik rata-rata adalah orang pintar. (Foto: Pixabay/SeppH)

Kemudian musik indie yang menjadi musik yang cukup populer beberapa dekade ini. Para penggemarnya termasuk ke dalam orang yang introvert, intelektual dan kreatif. Menurut peneliti mereka cenderung kurang bekerja keras, agak kasar, pasif dan mudah cemas.

Selain itu musik energik seperti dance saat ini juga cukup populer. Biasanya orang yang suka mendengarkan musik ini adalah orang cenderung mengungkapkan perasaan atau pikiran mereka secara impulsif dibanding dengan penggemar musik lainnya.

Selain menunjukan kepribadian, musik yang dinikmati seseorang memiliki keterkaitan dengan cara otak kamu untuk memproses sebuah informasi. Belajar sambil mendengarkan musik biasanya dapat membantu seorang yang ekstrovert menjadi fokus. Namun bagi para introvert belajar sambil mendengarkan musik adalah hal yang cukup menyiksa.

Setiap orang mungkin bereaksi terhadap musik secara berbeda. Tetapi semua genre musik dapat mempengaruhi otak manusia secara sama. Dengan mendengarkan berbagai jenis musik yang berbeda tentunya akan melibatkan jaringan otak yang lebih besar. (pid)

Baca Juga:

Bagaimana Hubungan Musik dan Pikiran Seseorang?

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Suzuki Bakal Perkenalkan Mobil Terbarunya
Hiburan & Gaya Hidup
Suzuki Bakal Perkenalkan Mobil Terbarunya

Suzuki akan memperkenalkan mobil terbarunya. Hal itu terlihat dari gambar yang diunggah melalui Instagram @suzuki_id. Kemungkinan, mobil tersebut akan hadir di IIMS 2022.

Mengintip Koleksi Sneakers 'Marvel’s Guardians of the Galaxy' x Adidas
Fashion
Mengintip Koleksi Sneakers 'Marvel’s Guardians of the Galaxy' x Adidas

Sneakers kolaborasi Guardians of the Galaxy dan Adidas.

Bersiap untuk Oscar 2022
ShowBiz
Bersiap untuk Oscar 2022

Kalau tidak ada halangan, festival film ini akan berlangsung seperti tiga tahun lalu.

Bos Marah-marah? Begini Cara Tepat Menghadapinya
Fun
Bos Marah-marah? Begini Cara Tepat Menghadapinya

Begini caranya mengambil hati si bos yang sedang marah.

Kontroversi Penarikan FIlm Buruan Cium Gue!
Hiburan & Gaya Hidup
Kontroversi Penarikan FIlm Buruan Cium Gue!

Film Buruan Cium Gue!, menurut Aa Gym, menjurus pada perbuatan zina

Tanda-Tanda Green Flags dari Pasanganmu
Hiburan & Gaya Hidup
Tanda-Tanda Green Flags dari Pasanganmu

Green flags menjadi istilah untuk menilai layak atau tidaknya suatu hubungan menuju tahap selanjutnya.

Facebook Berupaya Hindarkan Remaja Scrolling Medsos
Fun
Facebook Berupaya Hindarkan Remaja Scrolling Medsos

Facebook memperkenalkan langkah untuk mendorong para remaja tak terpaku pada media sosial.

Mengenal Humblebrag, Perilaku 'Merendah untuk Meroket'
Fun
Mengenal Humblebrag, Perilaku 'Merendah untuk Meroket'

Humblebrag merupakan sebuah julukan atas sikap seseorang yang memamerkan sesuatu, namun ingin terkesan dirinya rendah hati.

Dr. Oz itu Pergi untuk Selamanya
ShowBiz
Dr. Oz itu Pergi untuk Selamanya

Dokter Ryan Thamrin meninggal dunia karena maag akut.

Update Terbaru Nintendo Switch Mudahkan Atur Gim Favorit
Fun
Update Terbaru Nintendo Switch Mudahkan Atur Gim Favorit

Versi 14.0.0 ini akan mendapatkan banyak perubahan dari segi antarmuka.