Musik Cepat Tak Disarankan Didengarkan di Dalam Mobil Mobil berkecepatan tinggi rawan kecelakaan. (Foto: Pexels/Taras Makarenko)

MUSIK rock dianggap tidak baik didengarkan di dalam mobil. Ternyata bukan musik rock saja sebenarnya yang dialrang di dengarkan di dalam mobil. Musik dengan beat cepat memancing pengemudi menekan pedal gasnya.

Studi di Tiongkok menyarankan agar pengemudi mendengarkan musik yang memiliki kecepatan di bawah 120 beat per menit. Di atas itu sangat rawan di jalan.

Baca Juga:

Pecah Ban Saat Kecepatan Tinggi, Jangan Panik!

mobil
Musik ternyata mempengaruhi kecepatan mobil. (Foto: Pexels/Trace Constant)

Bila dibandingkan lagu dari genre musik rock ternyata memiliki tingkat kerawanan berlalulintas. Seperti contohnya lagu American Idiots milik Gren Day memiliki kecepatan 189 beat per menit, sangat tidak disarankan diputar di dalam mobil. Namun lagu sesama genre rock, Stairway to Heaven milik Led Zeppelin ternyata hanya memiliki kecepatan 63 beat per menit yang aman untuk diputar di mobil.

Dalam penelitian di South China Univesity of Technology, dan Guangdong University of Technology seorang relawan masuk dalam simulator mobil hanya berpindah jalur 70 kali dalam sejam ketika mendengarkan musik ringan. Namun ketika musik yang memiliki beat cepat diputar, relawan itu melakukan peralihan jalur sebanyak 140 kali dalam satu jam. Bahkan mereka lebih kencang 16 kpj ketimbang mobil lainnya.

mobil
Musik dengen kecepatan rendah membuat berkendara aman. (Foto: Pexels/fotografierende)

Menurut Qiang Zeng yang mengepalai penelitian seperti yang dikutip olah laman Mirror, mengatakan karakteristik musik rock adalah memiliki tempo yang kencang dan suara yang sangat tinggi. Harus disadari oleh publik bahwa memutar musik rock ternyata rawan di jalan.

Rekomendasi para peneliti itu adalah menyadarkan publik adanya risiko mendengarkan musik yang memiliki tempo cepat. Tapi bukan berarti mengemudikan mobil dengan kecepatan tinggi karena musik rock. (psr)

Baca Juga:

Warna Mobil Putih yang Tetap Kinclong

Kredit : paksi

Tags Artikel Ini

Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH