Aksi Sosial
Music For Adventure, Wujud Kepedulian Erix Soekamti pada Orang Utan Erix Soekamti tunjukkan kepedulian pada orang utan (Foto: Istimewa)

KEPEDULIAN akan lingkungan alam dan satwa ditunjukkan pendiri grup musik rock alternatif Endank Soekamti, Erix Soekamti. Ia bahkan menaruh perhatian serius kepada orang utan. Bersama BenihBaik.com, Eiger Adventure dan The Borneo Orangutan Survival Foundation (BOS Foundation) ia menggelar kampanye berjudul Music For Adventure.

Selain Erix musisi lain, seperti Iwan Fals, Fourtwnty, Fiersa Besari, Navicula, Alffy Rev, Beranda Rumah, Mercusuar, Klopediakustik, Cikini Tropical Sound, Nualusna, dan tidak ketinggalan Endank Soekamti, turut berpartisipasi dalam gerakan tersebut. "Ide ini bermula dari tongkrongan. Saya yang coba untuk membakar," ujarnya dalam rilis yang diterima Merahputih.com.

BACA JUGA:

Atasi Membludaknya Sampah, Nadine Alexandra dan Otsuka Giatkan Bank Sampah

Erix menjelaskan latar belakang musisi lain turut bergabung dalam gerakan Music for Adventure. "Navicula ikut karena dia banyak kampanye tentang sampah plastik dan memang membuat sebuah movement. Fiersa juga, kita tahu dia sangat mencitai alam dan suka naik gunung. Selain itu, banyak yang terlibat termasuk musisi daerah. Kami tentu ingin ide mereka didengarkan juga," urainya.

erix soekamti
Erix Soekamti menaruh perhatian kepada orangutan. (foto: istimewa)

Menurut Erix, sejumlah musisi amat bersemangat saat terlibat dalam aksi sosial itu. Para musisi, kata Erix, justru memiliki ide baru. "Fourtwnty sampai bikin lagu baru berjudul Ramang-Ramang. Mereka terpukau, ide itu ditulis, diaransemen, direkam di tempat baru dibawa ke Eiger untuk jadi album fisik dan didistribusikan, dijual, dan dikembalikan ke alam," jelas Erix.

Ramang-Ramang merupakan lokasi bekas tambang yang diperjuangkan masyarakat setempat. Area itu akhirnya bisa menjadi lestari lagi. "Ini merupakan perjuangan masyarakat yang berhasil mengelola kembali lingkungannya. Keberhasilan sekaligus kesunggguhan masyarakat," tambah Erix.

Hasil Music For Adventure dijual dalam bentuk fisik box set. "Digital kami sediakan via gerai digital, fisik tetap harus ada karena itu collectible item. Tidak hanya DVD, tetapi juga ada video dokumentasi yang berisi proses produksi, alat makan, foto, ya intinya barang yang layak untuk dikoleksi, termasuk kami bawakan benih tanaman. Hasilnya 100 persen akan disumbangkan kembali ke alam, dalam konteks ini, BOS Foundation," beber Erix.

erix soekamti
Erix Soekamti gandeng musisi lain, salah satunya Fiersa Besari (Foto: Istimewa)

Sintya Anjani dari BOS Foundation mengatakan, dana yang nantinya akan diperoleh akan dipergunakan sepenuhnya untuk untuk rehabilitasi orang utan secara langsung. "Kegiatan ini memang butuh dana banyak untuk makan dan bahkan pelajaran. Mereka disekolahkan, ada kurilkulum sama seperti manusia. Bedanya mereka perlu sekolah dari bayi hingga dewasa, bisa adaptif, semakin liar, kemudian bisa dilepasliarkan, dan bisa makan waktu hingga 7-8 tahun. Selain itu dana juga akan digunakan untuk rehabilitasi pohon," urainya.

Sementara itu, Rio Try Atmaja, Marketing Communications Manager Eiger, mengatakan pihaknya sangat mendukung kegiatan di gunung dan hutan hujan tropis. "Ini sesuai dengan concern kami sebagai penyedia peralatan dan perlengkapan kegiatan luar ruang. Kami juga tahu bahwa salah satu habitat di hujan tropis sudah terancam, dan kami ingin berkontribusi. Trigger keduanya beberapa tahun lalu kami kerja bareng Fiersa Besari, hasilnya animonya besar, audiens juga suka lagunya, sayang kalau nggak ada 'rumahnya', inilah akhirnya kami ingin bikin kolaborasi bersama musisi Tanah Air dan jadi album. Punya aksi untuk konservasi orang utan," tutupnya.(Avia)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
Deretan Musisi Ternama Tanah Air Rilis Lagu 'Untuk Indonesia'
ShowBiz
Deretan Musisi Ternama Tanah Air Rilis Lagu 'Untuk Indonesia'

para musisi yang dimotori Andra Ramadhan (Gitaris Dewa 19 & Andra n The Backbone) dan produser musik Jericoev, membuat project musik sosial "Bergerak Untuk Indonesia" .

Tampil Standout dengan Sepasang Air Jordan 1
Fashion
Tampil Standout dengan Sepasang Air Jordan 1

Ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan dalam mix and match outfit dengan Air Jordan 1.

Cek Highlight Menarik 'The Show', Konser Virtual BLACKPINK
ShowBiz
Cek Highlight Menarik 'The Show', Konser Virtual BLACKPINK

The Show merupakan konser virtual pertama BLACKPINK.

Rumah Pohon 'Winnie the Pooh' Ada di Dunia Nyata
Fun
Rumah Pohon 'Winnie the Pooh' Ada di Dunia Nyata

Rumah Winnie the Pooh terinpirasi dari ilustrasi asli milik E.H. Shepard.

Tungau, Parasit yang Bikin Repot
Fun
Tungau, Parasit yang Bikin Repot

Tungau, tak terlihat namun mengganggu kesehatan.

Cegah Kacamata Berembun saat Pakai Masker
Hiburan & Gaya Hidup
Cegah Kacamata Berembun saat Pakai Masker

cara tepat supaya kacamata enggak berembun

Hadir tanpa Gejala, Ini Cara Mudah Deteksi Kanker Prostat
Fun
Hadir tanpa Gejala, Ini Cara Mudah Deteksi Kanker Prostat

Sebagian besar pasien dengan kanker prostat stadium awal tidak menyadari adanya gejala.

Tim dari Indonesia Kejar Juara Dunia di Red Bull Mobile Esports
ShowBiz
Tim dari Indonesia Kejar Juara Dunia di Red Bull Mobile Esports

Morph, Boom ID, dan Rubic, merupakan tim Indonesia yang akan bersaing dan bertanding dengan tim dari negara lain

Printer Tinta 6 Warna, Hasilkan Gambar Foto Lebih Berkualitas
Fun
Printer Tinta 6 Warna, Hasilkan Gambar Foto Lebih Berkualitas

Enam warna tersebut ialah Cyan, Magenta dan Yellow, Black, Grey dan Red.

Memenuhi Keperluan Ramadan Makin Mudah dengan Mobile Banking
Fun
Memenuhi Keperluan Ramadan Makin Mudah dengan Mobile Banking

Mobile banking jadi solusi terbaik untuk bertransaksi keperluan ramadan di masa pandemi.