Museum Tanah, Wisata Alternatif di Kota Bogor Museum Tanah (Sumber: Instagram/alyazaharaa)

ADA satu museum yang bisa menjadi alternatif wisata untuk keluarga di Bogor. Berada di Jalan Ir. Djuanda 98 Kota Bogor, Jawa Barat, kita bisa melihat puluhan sampel tanah dari berbagai wilayah Indonesia di Museum Tanah Bogor. Tanah-tanah tersebut dipajang di sebuah etalase dengan rapi.

Museum ini memang masih terbilang muda yakni baru resmi dibuka sejak dua tahun lalu. Namun, gedung yang ditempatinya sudah cukup tua yakni 114 tahun. Sejak tahun 1905 gedung tersebut dijadikan laboratorium untuk perluasan pengetahuan tentang tanah.

1. Berbagai koleksi Museum Tanah

Wisatawan mengamati salah satu diorama lahan di Museum Tanah, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). (ANTARA News/Aditya Pradana Putra)
Wisatawan mengamati salah satu diorama lahan di Museum Tanah, Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). (ANTARA News/Aditya Pradana Putra)

Tanah di Indonesia sangat beragam, bahkan dari 12 ordo (klasifikasi) tanah di dunia negara kita memiliki 10 diantaranya. Hal ini tentu sangat jarang dimiliki negara lain. Ordo-ordo tanah tersebut bisa kita lihat di Museum Tanah.

"Di sini terdapat contoh-contoh tanah dari berbagai daerah di Indonesia, peta sumber daya lahan, beragam organisme yang hidup di tanah, diorama ekosistem tanah, dan sejumlah peralatan untuk meneliti tanah," kata petugas Museum Tanah Bogor, Arus Budi, Seperti dilansir Antaranews, Sabtu (2/3).

2. Punya koleksi selain tanah

Seorang wisatawan mengunjungi Museum Tanah di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). (ANTARA News/Aditya Pradana Putra)
Seorang wisatawan mengunjungi Museum Tanah di Kota Bogor, Jawa Barat, Kamis (28/2/2019). (ANTARA News/Aditya Pradana Putra)

Selain koleksi tanah, di museum yang dikelola Kementerian Pertanian itu juga memamerkan berbagai jenis bebatuan dan kayu fosil. Batu dan fosil kayu itu ditemukan di dalam tanah dari sejumlah daerah di Indonesia.

Selain ruang pamer koleksi, Museum Tanah juga memiliki ruang audio visual. Di sini pengunjung dapat mengetahui lebih detail seputar tanah-tanah yang ada di Indonesia dan dunia.

3. Lokasinya strategis

Lokasi Museum Tanah sangat strategus dan mudah dijangkau (Sumber: Instagram/heqivaliansyah)
Lokasi Museum Tanah sangat strategis dan mudah dijangkau (Sumber: Instagram/heqivaliansyah)

Tak sulit menemukan Museum Tanah. Hal ini karena posisinya ada di seberang akses masuk utama Kebun Raya Bogor. Kamu mencapainya dengan sejumlah moda transportasi, seperti mobil angkutan kota, mobil taksi, ojek berbasis daring, dan kendaraan pribadi. Kalau kamu suka berjalan dari Stasiun Bogor.

Sayangnya, meski menjadi wisata alternatif yang cukup digemari, jadwal buka Museum Tanah berbeda dengan museum lainnya. Mmuseum ini hanya beroperasi pada Senin hingga Jumat pada pukul 08.00-16.00, sementara pada Sabtu dan Minggu museum libur beroperasi.


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH