Museum Taman Prasasti, Tempat Pemakaman Kuno di Jakarta Museum Taman Prasasti (Instagram@garecanbp)

MUSEUM Taman Prasasti mungkin kurang populer tapi bukan berarti tempat tersebut tak menarik untuk di datangi. Terletak di Tanah Abang, Jakarta Pusat, Museum Taman Prasasti sangat cocok buat kamu yang hobi berfoto.

Layaknya di Kota Tua, di museum yang beroprasi setiap Selasa hingga Minggu itu kamu juga akan melihat benda-benda peninggalan Belanda. Oleh karena itu jangan heran kalau ada pasangan muda menjadikan tempat itu lokasi pre-wedding.

Pemakaman kuno

Situasi museum saat siang (Instagram/sendairawan)
Situasi museum saat siang (Instagram@sendairawan)

Sebenarnya, Museum Taman Prasasti adalah sebuah pemakaman kuno di era penjajahan Belanda. Sebelum menjadi museum, tempat tersebut bernanama Kebon Jahe Kober. Kemudian pemerintah menetapkan sebagai museum dan dibuka untuk umum tahun 1977.

Di museum ini ada banyak koleksi batu nisan yang terbuat dari marmer, batu alam dan perunggu. Tercatat sekitar 900 batu nisan kuno menjadi koleksi museum. Selain itu terdapat juga prasasti dari zaman Belanda. Bangunan utama museum ini memiliki desain Yunani.

Kereta jenazah tempo dulu (Instagram/afrillia)
Kereta jenazah tempo dulu (Instagram@afrillia)

Saat masih menjadi tempat pemakaman, luasnya mencapai 5,5 hektar. Jumlah makamnya bisa mencapai ribuan. Kemudian di antara tahun 1950 sampai 1970, dilakukan pemindahan jenazah Kebon Jahe Kober ke beberapa tempat. Ada juga jenazah yang dibawa oleh keluarga ke daerah atau negara asalnya.

Setelah pemindahan itu, luas pemakaman menyusut menjadi 1,3 hektar. Sisa tanah yang lain kini telah menjadi gedung Walikota Jakarta Pusat, auditorium, KONI Pusat dan kantor Perpustakaan Umum dan Arsip Jakarta.

Makam tokoh Belanda

Nisan Soe Hok Gie (Instagram/alexander_riri)
Nisan Soe Hok Gie (Instagram@alexander_riri)

Beberapa orang yang dimakamkan di Museum Taman Prasasti ini punya pengaruh kuat semasa hidupnya. Ada banyak tokoh Belanda, Inggrisdikebumikan di sana. Seperti A.V. Michiels, Dr. H.F. Roll, J.H.R. Kohler dan Miss Riboet.

Namun, ada juga tokoh Indonesia yang dikebumikan di sana. Mereka adalah Soe Hok Gie dan selebritis ternama di tahun 1930an yakni Misreboet.

Bukan hanya itu saja Peti jenazah presiden pertama RI, Bung Karno dan wakilnya Bung Hatta juga menjadi koleksi menarik di sana. Ada juga kereta pembawa jenazah dan lonceh yang dibunyikan saat jenazah datang untuk dimakamkan. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH