Museum Nasional Perkenalkan Alur Penceritaan Baru

Zulfikar SyZulfikar Sy - Sabtu, 03 Desember 2016
Museum Nasional Perkenalkan Alur Penceritaan Baru
Museum Naasional Indonesia di Jakarta Pusat (foto:museumnasional.or.id)

MerahPutih Wisata - Museum Nasional Indonesia di Jakarta Pusat yang tahun ini berusia 238 tahun terus dibenahi. Setelah memiliki dua gedung pamer yaitu gedung A dan gedung B, kini di area ini sedang dibanun gedung C. Upaya pembenahan juga dilakukan dengan memperbarui storyline (alur pencceritaan) arena pamer.

Stryline baru ini dipamerkan mulai tanggal 1 hingga 22 Desember 2016. Kepala Museum Nasional Indonesia, Intan Mardiana, pada pembukaan pameran mengungkapkan, Pameran Storyline Museum Nasional Baru akan menjadi uji coba tentang tanggapan publik terhadap alur kisah Museum Nasional yang baru nantinya. Alur kisah ini berlandaskan pada konsep keindonesiaan seutuhnya.

"Alur kisah yang baru diharapkan dapat lebih menghidupkan kisah di balik artefak, agar bisa menjadi jendela atau pintu masuk untuk memperkenalkan identitas bangsa Indonesia," ungkapnya.

Berbasis tema “Pendidikan Kebudayaan Indonesia”, rencana Alur Kisah Museum Nasional Indonesia akan terbagi menjadi tiga sub-tema, yaitu “Menjadi Indonesia”, “Pusaka Nusantara”, dan “Lestari Indonesia”. Penyusunan Alur Kisah ini juga disesuaikan dengan perubahan tata-ruang dan alur pengunjung, sesuai rencana perubahan pintu masuk pengunjung.

Museum Nasional memiliki koleksi berbagai benda seni dan budaya sejak masa pra sejarah hingga pasca kemerdekaan RI. Hingga kini tercatat sekitar 140 ribu benda bersejarah yang dikoleksi museum ini. (mw)

#Wisata Jakarta #Museum Nasional
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan