Pameran Seni

Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE

Ikhsan Aryo DigdoIkhsan Aryo Digdo - Rabu, 04 Mei 2022
Museum MACAN Hadirkan Hajatan Pameran POSE
POSE hadir di 18 September 2022. (Foto: Museum Macan)

AKTIVITAS kembali dinamis. Sejumlah pameran pun diselenggarakan galeri seni. Tidak ketinggalan dengan Museum MACAN. Setelah Lebaran, Museum MACAN menyelenggarakan pameran bertajuk POSE. Pameran tersebut diambil dari judul lukisan S. Sudjojono dari tahun 1975.

POSE menampilkan pengamatan kritis atas pergelaran kelas sosial, tuntutan akan kenyamanan hidup dari golongan elite akibat pergeseran kuasa negara, keterhubungan pasar, dan budaya konsumerisme.

Baca Juga:

Museum MACAN Ajak Anak-Anak Eksplorasi dengan Cara Sederhana

Pameran ini cukup spesial karena menjadi kolaborasi pertama antara Museum MACAN dengan Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta. Pada pameran itu sejumlah karya bersejarah penting koleksi Museum Seni Rupa dan Keramik Jakarta turut ditampilkan dalam pameran ini, termasuk Maka lahirlah angkatan 66 (1966) karya S. Sudjojono, High Level (1970) karya S. Sudjojono, dan Tulisan Putih (1972) karya A.D Pirous.

POSE menampilkan karya dari seniman ternama. (Foto Museum Macan)

POSE juga menampilkan sejumlah koleksi Museum MACAN dari perupa nan mengamati perubahan dan pergeseran sosial di masyarakat; dari Jepang, Tiongkok, Amerika Serikat, dan Britania Raya, serta menampilkan karya dari A. D. Pirous, Ahmad Sadali, But Muchtar, Damien Hirst, David LaChapelle, I Nyoman Masriadi, Jeff Koons, Keith Haring, Liu Ye, Richard Prince, S. Sudjojono, Srihadi Soedarsono, Takashi Murakami, Tang Zhi Gang, Wang Guangyi, Wang Xin, Yue Minjun, dan Yoshitomo Nara.

Baca Juga:

Museum MACAN Hadirkan 'Kisah Antah-berantah' untuk si Kecil

Direktur Museum MACAN Aaron Seeto mengaku bahagia dapat bekerja sama dengan Museum Seni Rupa dan Keramik (MSRK) dalam kolaborasi penting kali pertama ini. "Melalui kolaborasi institusional ini kami dapat memperkuat studi semacam ini dan membagikan hasilnya secara luas kepada publik. Saya sangat menantikan perbincangan dan diskusi yang akan dipantik oleh pameran ini, melalui pertemuan karya koleksi kedua institusi," tuturnya.

Pengunjung harus menaati protokol kesehatan. (Foto: Museum Macan)

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan DKI Jakarta Iwan Hendry Wardhana turut menyampaikan dukungan dari Pemerintah Provinsi DKI Jakarta atas terselenggaranya pagelaran seni tersebut. "Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta mendukung penuh terselenggaranya pameran POSE di Museum MACAN, semoga kerja sama yang baik ini dapat terus berlanjut di masa yang akan datang," ujarnya.

POSE akan dibuka untuk publik hingga tanggal 18 September 2022. Pengunjung diharuskan menaati protokol kesehatan secara ketat dan upaya pencegahan untuk menjamin keselamatan dan kenyamanan bersama. (avia)

Baca Juga:

Memulai Karya Seni di Rumah dengan Macan Home Kit

#Seni Rupa #Wisata #Mei +62 Bicara Hajatan
Bagikan
Ditulis Oleh

Iftinavia Pradinantia

I am the master of my fate and the captain of my soul
Bagikan