Museum Ku Klux Klan Dibeli Pendeta Kulit Hitam Museum Ku Klux Klan dijual ke pendeta kulit berkulit hitam (Foto: Mirror UK)

SEMPAT dijadikan tempat pertemuan neo-Nazi yang mendukung supremasi kulit putih dan anggota Ku Klux Klan (KKK), Musuem KKK akhirnya dijual ke pendeta kulit hitam, David Kennedy, dari Gereja New Beginning Missionary Baptist. KKK atau yang sering disebut The Klan ini adalah kelompok rasialis supremasi kulit Amerika terhadap orang Afrika-Amerika.

Dikutip dari laman Mirror selain membeli Museum The Klan, Kennedy juga mendapatkan izin untuk mengelola The Redneck Shop. Sebuah bangunan tua yang dijadikan toko menjual perlengkapan The Klan dan Nazi. Seperti jubah The Klan, kaos yang bertuliskan kalimat rasialisme, dan lain-lain.


Baca Juga:

Mel B Spice Girls Ungkap Pernah Alami Perlakuan Rasialis

ras
David Kennedy membeli museum KKK dan mengelola The Redneck Shop (Foto: IndexJournal)


Pemilik sekaligus mantan anggota The Klan, yaitu Michael Burden Jr, mengaku telah bertobat dan ingin meninggalkan masa lalunya yang penuh kebencian terhadap orang berkulit hitam. Maka dari itu, ia menjual tempat itu kepada Kennedy, yang telah menyelamatkan hidupnya.

Saat pertama kali Kennedy bertemu dengan Burden, mengutip informasi dari Mirror UK, mantan anggota The Klan tersebut dalam kondisi tidak memiliki uang, kelaparan, dan penuh kebencian terhadap orang kulit hitam.

Meskipun Burden sangat membenci dirinya, Kennedy tetap membawa Burden ke sebuah restoran prasmanan, supaya Burden bisa makan sepuasnya. Tak hanya itu, Kennedy juga memberikan Burden rumah, agar Burden dan keluarganya tidak perlu tidur di jalanan.

Kennedy juga menegaskan bahwa dirinya tidak menyimpan kebencian terhadap Burden, dan memilih untuk memaafkan mantan anggota The Klan itu. Untuk membalaskan kebaikan Kennedy, Burden menawarkan Kennedy untuk membeli Museum The Klan sekaligus mengelola The Redneck shop, yang telah ditutup sejak 2012 lalu.


Baca Juga:

Berkaca dari Kasus George Floyd, Penting Tanamkan Toleransi pada Anak

ras
Kisah mantan anggota Ku Klux Klan dan David Kennedy diangkat menjadi sebuah film berjudul Burden (Foto: IMDB)


Toko itu berdiri sejak 1996. Setelah bertahun-tahun terbengkalai dan pemilik aslinya, yaitu John Howard meninggal dunia, Michael Burden Jr mengambil alih toko tersebut.

Tentunya tidak mudah bagi Kennedy untuk dapat membeli museum yang telah berdiri lebih dari 15 tahun tersebut. Banyak rintangan yang harus dilewati Kennedy selama mengikuti persidangan. Saat ini pun Kennedy mengaku, masih mengumpulkan dana untuk mengubah Museum The Klan yang terletak di Kota Laurens, South Caroline, AS, menjadi tempat pusat komunitas untuk kepentingan keberagaman.

Melansir laman Mirror UK, kisah pertobatan Burden dan perjuangan Kennedy untuk mendapatkan bangunan ini pun diangkat menjadi sebuah film pada 2018 lalu, yang berjudul Burden. (bel)


Baca Juga:

Instagram Selena Gomez 'Diambil Alih' oleh Aktiivis Antirasialisme



Paksi Suryo Raharjo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH