Museum Keris Tak Patok Target Jumlah Pengunjung, Alasannya…   Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat menandatangani batu prasasti, sebagai penanda diresmikannya Museum Keris, Rabu (9/8). (MerahPutih.com/Raditya Erwiyanto)

MerahPutih.com - Hari pertama pasca dibuka langsung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi), Rabu (9/8) kemarin, jumlah pengunjung Museum Keris, Solo, mencapai 116 pengunjung. Hal ini disampaikan oleh Kepala UPT Museum Keris Dinas Kebudayaa (Disbud) Bambang MBS.

Bambang menilai, jumlah itu lumayan. “Kalau kami lihat, kebanyakan dari mereka dari masyarakat umum. Kalau pelajar, saya lihat belum ada. Mungkin karena memang mereka pulang hingga sore hari,” jelas Bambang kepada Merahputih.com, Jumat (11/8).

Memang selama bulan Agustus ini, Pemerintah Kota (Pemkot) Solo tidak melakukan penarikan tiket masuk. Tujuannya sebagai sarana branding kepada masyakarat.

Ketika ditanya soal target pengunjung, Bambang menerangkan tidak ada.“Sesuai dengan arahan Pak Wali (Walikota Solo FX, Hadi Rudyatmo), tidak ada target khusus jumlah pengunjung. Karena tujuan utamanya untuk memberikan edukasi kepada masyarakat, tentang jenis-jenis keris yang ada di Indoensia,” katanya.

Seperti diketahui, museum yang berada di kawasan Sriwedari ini menyimpan lebih dari 400 jenis keris, baik dari Sabang sampai Merauke. (Win)



Thomas Kukuh

LAINNYA DARI MERAH PUTIH