Museum Keris Sedot Wisatawan Lokal dan Mancanegara Presiden Joko Widodo saat meresmikan Museum Keris di Kota Solo, Rabu (9/8). (MP/Win)

MerahPutih.com - Sejak resmi dibuka Presiden Joko Widodo 9 Agustus 2017 lalu, Museum Keris Nusantara di Kota Solo, Jawa Tengah menyedot perhatian banyak pengunjung. Sepanjang Agustus kemarin museum yang menyimpan koleksi 409 keris dari seluruh nusantara ini tercatat telah dikunjungi oleh 4.325 orang.

Kepala UPTD Museum Dinas Kebudayaan Bambang MBS mengatakan pengunjung museum didominasi wisatawan lokal. Sedangkan wisatawan mancanegara ada sebanyak 29 orang.

“Dari 29 itu, mereka berasal dari tiga negara, yakni Malaysia, Australia dan Spanyol. Turis itu bukan hanya ingin melihat saja. Namun mereka cukup memahami tentang keris. Karena mereka datang untuk menanyakan, ada tidaknya keris Pangeran Diponegoro hingga Empu Gandring,” jelas Bambang kepada Merahputih.com, Sabtu (16/9).

Selain itu, menurut Bambang, pelajar dari luar Solo juga sudah mulai antusias melihat koleksi museum yang berada di kawasan Sriwedari ini. Mereka datang secara bersamaan, dengan menggunakan armada bus.

Berita ini merupakan laporan dari Win, kontributor merahPutih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya. Anda juga bisa baca: Museum Keris Mulai Curi Perhatian Masyarakat



Luhung Sapto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH