Mungkinkah Jokowi Gandeng Gatot di Pilpres 2019? Presiden Jokowi bersama Panglima Gatot Nurmantyo di Kepulauan Natuna, Kepulauan Riau, Jumat (19/5). (Biro Pers Setpres)

MerahPutih.com - Nama Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo disebut- sebut layak mendampingi Presiden Joko Widodo dalam Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Lingkar Madani Indonesia (LIMA) Ray Rangkuti menilai Jokowi tak akan menggandeng Gatot menjadi pendampingnya. Ray menyebut Gatot tidak memiliki modal apa pun untuk menunjang kemenangan di Pilpres 2019.

"Gatot ini hanya akan menjadi penari latar, Jokowi apabila mengandeng dia tidak akan ada tambahan poin, pertama tidak ada basis massa, tidak punya dana, dan partai politik," kata Ray dalam diskusi di kawasan Wijaya, Jakarta Selatan, Jumat (11/8).

Ray menjelaskan, mencari pendamping untuk bertarung dalam perhelatan pilpres memerlukan kalkulasi yang matang. Terlebih dalam hal finansial. Karena itu ia meyakini Jokowi tak akan memilih mantan KSAD itu sebagai pendampingnya.

"Yang pasti Pak Gatot sama sekali enggak masuk (digandeng Jokowi)," imbuhnya.

Menurut Ray dukungan Partai Amanat Nasional (PAN) terhadap jenderal bintang empat tersebut juga tidak benar-benar serius. Pasalnya kader partai yang lahir era reformasi itu dipastikan menghendaki sang Ketua Umun Zulkifli Hasan sebagai cawapres.

"Jadi sejauh ini saya rasa Pak Gatot pemain latar lah, apalagi jika Gatot digabungkan dengan Prabowo, waduh hancur-hancuran militer plus militer dan tidak baik bagi elektabilitas Prabowo dan juga bagi negara," ungkapnya. (Pon)

Baca juga berita lainnya dalam artikel: Pengamat Sebut Pilpres 2019 Hanya Pijakan Untuk AHY


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH