Mundur Sebagai Bakal Cawali dari PDIP, Purnomo Tak Tertarik Maju dari Partai Lain Bakal calon Wali Kota (cawali) Solo, Achmad Purnomo. (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Bakal calon Wali Kota (cawali) Solo yang diusung PDIP, Achmad Purnomo menegaskan tidak tertarik maju dari partai lain setelah menyatakan mundur dari pertarungan Pilwakot Solo 2020.

Purnomo akan setia sebagai kader PDIP untuk mendukung siapapun bakal calon cawali dan cawawali yang diusung PDIP.

"Saya tegaskan tidak akan membuka pintu untuk partai lain yang ingin meminang maju di Pilwakot Solo," ujar Purnomo di Solo, Minggu (31/5).

Baca Juga:

Purnomo Resmi Mundur Sebagai Bakal Cawali, Rudy: Suratnya Belum Saya Proses

Purnomo mengungkapkan dirinya adalah kader PDIP yang patuh akan perintah partai. Sebagai kader militan, ia tidak tertarik maju dengan partai lain di Pilwakot Solo.

Achmad Purnomo tidak berpikir untuk pindah ke partai lain maju di Pilwalkot Solo
Bakal cawali dan cawawali Pilwakot Solo, Achmad Purnomo dan Teguh Prakosa mengembalikan berkas pendaftaran di kantor DPC PDIP Solo. (MP/Ismail)

"Memang sempat ada yang mendekati. Saya tegaskan tidak tertarik maju dari partai selain PDIP. Saya mundur dari Pilkada bukan karena alasan politik," katanya.

Dia mengaku ingin mundur karena tak ingin melakukan proses pencalonan di tengah pandemi COVID-19. Ia tidak kuat hati bicara politik di tengah warga kesusahan di tengah wabah virus corona.

"Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 masih terlalu riskan. Lebih baik saya mundur dan fokus menangani corona sebagai Wakil Wali Kota Solo," tutur dia.

Dengan adanya kesepakatan digelarnya , Purnomo berharap DPC PDIP Solo mengabulkan permohonannya. Namun apabila tidak dikabulkan, maka dirinya akan mengikuti perintah DPC PDIP Solo.

Baca Juga:

KPU Putuskan Pilkada 9 Desember, Purnomo Resmi Ajukan Surat Pengunduran Diri

"Semoga permohonan saya dikabulkan, tetapi kalau tidak, saya sebagai kader harus taat, nanti ditugasi sebagai apa belum tahu," pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, Purnomo telah menyerahkan surat pengunduran diri kepada Ketua DPC PDIP Solo FX Hadi Rudyatmo pada Kamis (28/5). Sebelumnya penyampaian mundur secara lisan sudah dilakukan pada partai tanggal 24 April. Numun, sejauh ini surat pengunduran diri itu belum ditindaklanjuti DPC PDIP Solo.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.

Baca Juga:

Tahapan Pilwakot Solo Dimulai 15 Juni, Diawali Pelantikan 162 Anggota PPS



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH