Mundur dari TGUPP, Marco: Tugas Komite Pesisir Sudah Selesai

MerahPutih.Com - Marco Kusumawijaya akhirnya buka suara menanggapi isu yang beredar di masyarakat mengenai dirinya yang mundur dari Ketua bidang Pengelolaan Pesisir Tim Gubernur Untuk Percepatan Pembangunan (TGUPP).

Pengamat Tata Kota dari Universitas Parahyangan (UNPAR) ini pun menyebut bahwa tugasnya di TGUPP bidang kawasan pesisir telah selesai. Ia saat ini ingin menuntaskan penulisan buku.

Baca Juga:

Anies Bantah Marco Mundur dari Ketua TGUPP Kawasan Pesisir

"Tugas Komite Pesisir telah selesai, saya non-aktif dari kegiatan di TGUPP untuk menuntaskan penulisan buku," kata Marco saat dikonfirmasi, Kamis (12/12).

TGUPP Anies Baswedan saat di balai kota DKI Jakarta
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan bersama tim formatur TGUPP pencegahan korupsi di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, Rabu (3/1). (MP/Asropih)

Marco menjelaskan, ada dua tugas utama pokok Komite Pesisir yang telah diselesaikannya. Pertama, menyiapkan langkah-langkah penghentian reklamasi yang telah diselesaikan pada September 2018 lalu.

Kemudian, penyusunan rencana wajah baru kawasan pesisir Jakarta tanpa reklamasi yang juga telah rampung pada November 2019 lalu.

"Dengan demikian, seluruh tugas pokok Komite Pesisir untuk menyusun kawasan pesisir Jakarta telah selesai," papar dia.

Pria yang pernah masuk dalam tim sinkronisasi Anies-Sandiaga pada Pilgub 2017 lalu ini juga menyatakan bahwa program perbaikan kampung yang terletak di kawasan pesisir pun telah berlangsung dengan baik dan benar sesuai dengan keinginan Pemprov DKI.

"Tentu saja belum semua janji tertunaikan tuntas, tapi insyaalah sudah berlangsung di jalan dan menuju ke arah yang benar, dan akan tunai tuntas pada waktunya, mengutip Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan," tutupnya.

Seperti diketahui, Plt Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) DKI, Suharti mengatakan bahwa Marco Kusumawijaya mengundurkan diri dari jabatan sebagai Ketua TGUPP DKI bidang Pengelolaan Pesisir.

Marco sudah tidak lagi bergabung dalam tim bentukan Gubernur Anies itu sejak 1 Desember 2019 lalu.

Baca Juga:

Salah Satu Mantan Timses Anies Mundur dari TGUPP

Suharti menjelaskan, alasan Pakar Tata Kota dari UNPAR itu mundur dari ketua TGUPP bidang Pengelolaan Pesisir lantaran ingin fokus untuk menulis.

"Iya (sudah bukan TGUPP), sudah mengundurkan diri sejak 1 Desember," kata Suharti saat dikonfirmasi wartawan, Selasa (10/12) malam.(Asp)

Baca Juga:

Pengamat Anggap TGUPP Tak Berguna Karena Hanya Akomodasi Timses Anies

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH