Munculnya 'Kerajaan' Bisa Angkat Perekonomian Masyarakat Hingga Jadi 'Magnet' Turis

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Rabu, 22 Januari 2020
Munculnya 'Kerajaan' Bisa Angkat Perekonomian Masyarakat Hingga Jadi 'Magnet' Turis
Warga Jawa Barat dihebohkan dengan kemunculan kekaisaran Sunda Empire (Foto: Facebook/Sunda Empire)

Merahputih.com - Pengamat sosial dan kebijakan publik Trubus Rahadiansyah mengapresiasi berdirinya sejumlah 'kerajaan' yang tengah viral belakangan ini. Sebut saja Keraton Agung Sejagat, Kerajaan Selaco, Kerajaan Jipang dan Sunda Empire.

Menurut Trubus, kerajaan tersebut bisa memunculkan potensi wisata yang menarik perhatian para turis.

"Itu kerajan yang berdiri punya potensi wisata besar. Mengangkat kearifan lokal dari masyarakat setempat," kata Trubus kepada Merahputih.com di Jakarta, Selasa (22/1).

Baca Juga:

Geger Keraton Agung Sejagat, Majelis Adat Kerajaan Nusantara: Dasar Historisnya Mana?

Ia mengatakan, kalau dikelola secara baik ditengah lesunya pariwisata Indonesia dari wisatawan asing keberadaan kerajaan seperti itu bisa menjadi daya tarik yang sensasional karena itu bagian dari budaya lokal.

"Itu kan disukai wisatawan mancanegara. Di thailand banyak kelompok masyarakat tertentu adakan kegiatan ritual," sebut Trubus.

Ia melihat, tak semua kerjaaan tersebut melanggar hukum. "Kalau yang lain seperti di Tasikmalaya (Selaco) itu bagus karena ada izin dan bukan pelanggaran hukum. Justru pemerintah daerah mensuport. Lalu di Blora (Jipang) itu juga jadi potensi wisata," ungkap Trubus.

Totok Santoso Hadiningrat (raja) dan Fanni Aminadia (permaisuri)
Totok Santoso Hadiningrat (raja) dan Fanni Aminadia (permaisuri)

Trubus menilai, seharusnya Pemerintah mampu memberikan pembinaan kepada kerjaan tersebut agar tak melanggar hukum.

"Harusnya pemerintah mengelola dan mengambil kebijakan agar tak bertentangan. Yang melanggar hukum ditindak dan mendatangkan keuntungan diberdayakan. Seperti mendatangkan keuntungan untuk pedagang setempat dan membuat masyarakat menjadi welcome," terang Trubus.

"Ini harus dikelola dan dibina secara baik dan mendatangkan keuntungan untuk masyarakat," kata dia.

Baca Juga

Menikmati Wisata Sejarah di Museum Pusaka Keraton Kesepuhan Cirebon

Trubus mencontohkan adanya kebangkitan ekonomi karena banyak masyarakat di luar daerah tersebut yang datang berbondong-bondong menyaksikannya.

"Meningkatkan kesehjateraan masyarakat. Membangkitkan UMKM dan mengurangi pengangguran di sekitar situ seperti membuka warung dan kopi," terang Trubus. (Knu)

#Kerajaan Di Indonesia
Bagikan
Bagikan