Muncul Dalam Video Call Presiden IOC, Peng Shuai Minta Privasinya Dihormati

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 22 November 2021
Muncul Dalam Video Call Presiden IOC, Peng Shuai Minta Privasinya Dihormati
Peng Shuai. (Foto: twitter)

MerahPutih.com - Bintang tenis Tiongkok atau China, Peng Shuai, pemain ganda nomor satu dunia pada 2014 sehingga menjadi petenis China pertama yang mencapai peringkat teratas, setelah memenangkan gelar ganda Wimbledon 2013 dan French Open 2014, akhirnya muncul ke publik.

Dalam video call dengan Presiden Komite Olimpiade Internasional Thomas Bach, Shuai yang sempat dikabarkan hilang dan kondisinya terancam akibat diserang secara seksual oleh mantan Perdana Menteri Tiongkok, mengungkapkan kondisi terbarunya.

Baca Juga:

Belum Ada Jejak, Komunitas Tenis Global Semakin Khawatir Pada Peng Shuai

IOC mengatakan, pada awal video call selama 30 menit dengan Thomas Bach, Peng berterima kasih kepada IOC atas perhatiannya atas keselamatan dia.

"Dia menjelaskan, dia aman dan sehat, tinggal di rumahnya di Beijing, tetapi ingin privasinya dihormati saat ini," kata IOC seperti dikutip Antara.

Pada 2 November, Peng memposting pengakuan di media sosial Tiongkok bahwa mantan Wakil Perdana Menteri Zhang Gaoli telah menyerangnya secara seksual beberapa tahun lalu.

Pengumuman kondisi Peng Shuai. (Foto: Tangkapan Layar)
Pengumuman kondisi Peng Shuai. (Foto: Tangkapan Layar)

Baik Zhang maupun pemerintah China tidak mengomentari tuduhan ini. Postingan media sosial Peng segera dihapus dan topik tersebut diblokir dari diskusi di internet China yang memang amat disensor.

Pemimpin redaksi Global Times Hu Xijin, yang menjadi corong negara, memposting video berdurasi 25 detik di Twitter pada Minggu yang menunjukkan Peng tersenyum, melambai, dan membubuhkan tanda tangan di atas bola tenis raksasa untuk anak-anak dalam turnamen Fila Kids Junior Tennis Challenger Finals.

Halaman WeChat resmi turnamen tenis di China itu menunjukkan foto-foto Peng dalam turnamen. Namun, rilis foto dan video Peng dalam sebuah turnamen di Beijing itu tak begitu saja langsung meredakan kekhawatiran dunia terhadap petenis yang mendadak raib selama hampir tiga pekan terakhir. (*)

Baca Juga:

Sepupu Petenis Naomi Osaka Masuk Radar Persib Bandung

#Tenis #Tiongkok #Olimpiade
Bagikan
Bagikan