hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-1
Mumpung 'Libur' Traveling Karena Virus Corona, Yuk Bersihkan Koper Bersihkan koper mumpun 'libur' traveling (Foto: Unsplash/Michal Parzuchowski)
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-2
hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-7

JANGANKAN traveling, ngantor saja harus di rumah untuk sementara ini karena virus Corona. Soalnya, potensi penularan sangat tinggi jika kamu berada di keramaian. Apalagi di tempat wisata, banyak orang dari berbagai tempat datang dan pergi yang bisa saja terjangkit virus ini.

Mumpung kamu harus 'libur' traveling selama wabah Corona, tidak ada salahnya melakukan kegiatan berfaedah seperti membersihkan koper. Hayo ngaku, selama ini bisa saja kamu tidak memperhatikan kebersihan kopermu. Selama pandemi Corona kan memang sudah seharusnya juga kamu memperhatikan segala kebersihan.

Baca juga:

Berbagi 500 'Hand Sanitizer' Gratis untuk Lawan COVID-19

Membersihkan koper itu mudah kok. Laman Smarter Travel punya beberapa tipsnya yang bisa kamu lakukan, misalnya:

1. Cara membersihkan roda dan pegangan koper

Bagian roda koper pasti kotor banget (Foto: Unsplash/Tomas Gal)

Biar praktis, tentu kamu membawa koper dengan mendorong atau menariknya. Tidak heran deh kalau bagian roda koper pasti kotor banget. Gunakan lap disenfektan atau kain micro fiber untuk membersihkan kedua roda. Jangan lupa semprot dulu dengan disinfektan. Pasti seluruh bagian roda kamu putar, agar kotoran bersih secara menyeluruh.

Kemudian, untuk membersihkan pegangan koper juga hampir sama. Tarik pegangan koper hingga mentok. Bersihkan dengan cairan disinfektan kemudian lap. Biarkan pegangan koper dalam keadaan ditarik seperti itu sampai benar-benar kering.

2. Cara membersihkan bagian luar koper

Lap perlahan agar bahan koper tidak rusak (Foto: Unsplash/Alex Holyoake)

Bagian luar koper permukaannya lembut. Cukup bersihkan dengan lap dan cairan disinfektan. Lap secara menyeluruh, terutama maksimalkan bagian bawah koper. Bagian bawah merupakan tempat paling banyak kotoran menempel. Hati-hati saat melap bagian luar koper, lakukan secara perlahan agar tidak merusak bahan.

Baca juga:

Yuk Masak Sendiri Selama 'Self Isolation' dari Virus Corona

3. Cara membersihkan bagian dalam koper

Jangan sampai bagian dalam koper lembap (Foto: Unsplash/Anete Lusina)

Berikan perhatian khusus pada area di sekitar resleting dan kantong di dalam. Bagian di dalam koper ini merupakan tempat kotoran dan serangga bersembunyi. Gunakan pena noda untuk membersihkan bagian ini. Pastikan koper dalam keadaan terbuka hingga mengering. Bagian dalam koper yang lembap bisa menyebabkan pertumbuhan jamur.

4. Cara menghilangkan kutu dan bau busuk

Panaskan setidaknya minimal 90 menit (Foto: Unsplash/Rene Bohmer)

Koper kamu pasti sudah dibawa kemanapun. Bisa dibayangkan ada berapa kutu yang menempel pada koper. Bau koper bisa juga tidak sedap. Gunakan pemanas portabel untuk menghilangkan kutu dan bau tak sedap itu. Panaskan pada suhu 118 derajat celcius. Kutu akan mati dalam waktu 20 menit. Namun, panaskan setidaknya minimal 90 menit, agar telur-telur kutu juga ikut mati.

Yuk bersihkan kopermu selama stay at home. Setelah wabah virus Corona berakhir, kamu akan siap kembali traveling dengan koper yang bersih. (ikh)

Baca juga:

Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation Terbitkan Pedoman Penanganan COVID-19

Kredit : digdo

hiburan-gaya-hidup-mobile-singlepost-banner-3
Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH


hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-4
hiburan-gaya-hidup-singlepost-banner-5