Mulyadi Kiper Terbaik Eropa Versi Opta, Peluang Bela Timnas Garuda Masih Terbuka

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Jumat, 19 Oktober 2018
Mulyadi Kiper Terbaik Eropa Versi Opta, Peluang Bela Timnas Garuda Masih Terbuka
Emil Audero Mulyadi saat masih membela Juventus (Instagram emil_audero)

MerahPutih.com - Sampdoria memiliki catatan kebobolan paling sedikit di lima liga top Eropa pada awal musim 2018-2019. Torehan tersebut tidak lepas dari penampilan kiper mereka, Emil Audero Mulyadi, yang memiliki darah keturunan dari Indonesia.

Berdasarkan cataran Opta, Emil Audero Mulyadi merupakan kiper terbaik di Eropa saat ini. Dalam delapan pertandingan Serie A, Sampdoria baru kebobolan empat gol. Di Eropa, hanya Manchester City dan Liverpool yang kebobolan lebih sedikit dari Il Samp, tiga gol.

Berkat catatan tersebut, nama Emil Audero Mulyadi pun mendadak jadi perbincangan di Eropa. Maklum, ini merupakan musim perdana kiper berdarah Indonesia tersebut bermain reguler di Serie A.

emil mulyadi
Emil Audero Mulyadi kini menjadi kiper utama Sampdoria. (Zimbio)

Opta mencatat kiper Sampdoria itu sukses melalukan 87,5 persen penyelamatan bola yang mengarah ke gawangnya sepanjang musim 2018-2019.

Catatan Emil Audero Mulyadi unggul atas kiper Tottenham, Hugo Lloris, yang mencatatkan 86,67 persen. Alisson Becker yang merupakan kiper termahal Liverpool hanya mencatat 85,71 persen penyelamatan.

Bahkan, pemain berdarah Indonesia itu unggul atas idolanya, Gianluigi Buffon, yang kini membela PSG dengan raihan 83,3 persen. Apalagi, Gianluigi Donnarumma yang kini menjadi kiper utama timnas Italia kalah telak hanya mencatat 56,2 persen.

buffon
Gianluigi Buffon kiper idola Emil Audero Mulyadi (independent.ie)

Emil Audero Mulyadi merupakan kiper lulusan akademi sepak bola Juventus. Namun, padatnya persaingan di bawah mistar gawang membuat kiper berusia 21 tahun itu tersingkir dari Allianz Stadium. Kini, dia bermain untuk Sampdoria sebagai pinjaman dari Juventus. Namun, Il Samp berpeluang mengubah statusnya menjadi permanen pada musim depan.

Meski telah membela Timnas Italia kelompok umur, Emil Audero Mulyadi masih berpeluang tampil untuk Timnas Indonesia. Pasalnya, pria kelahiran Lombok tersebut belum pernah bermain untuk tim senior Gli Azzurri.

#Emil Audero Mulyadi
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan