Kecantikan

Mulai Sekarang, Rajinlah Cuci Sisir Rambut

Andreas PranataltaAndreas Pranatalta - Selasa, 10 Agustus 2021
Mulai Sekarang, Rajinlah Cuci Sisir Rambut
Cuci secara rutin. (Foto: Unsplash/Frank OToole)

SEBERAPA sering sih kamu mencuci sisir rambut yang selama ini dipakai? Sama seperti alat lainnya, sisir juga termasuk alat perawatan diri yang perlu kamu cuci secara rutin. Jika tidak, bersiaplah menghadapi masalah pada kulit kepala dan bahkan rambut.

Saat kamu menyisir rambut, apa pun yang ada di helai rambut menempel pada sisir, seperti residu produk rambut, lemak, keringat, serpihan kulit mati, dan debu. Sebaliknya, setiap kami menyisir, segudang kotoran ini pindah kembali ke rambutmu.

“Ini mirip dengan apa yang terjadi dengan kuas riasan, tetapi kamu memiliki faktor tambahan rambut kusut di sisir, yang bertindak sebagai sumber masalah potensial lainnya,” kata pakar dermatologi University of Alabama School of Medicine, Corey L Hartman, dikutip Livestrong.

Hartman melanjutkan, penumpukan minyak pada kulit kepala dan menempel di rambut membuat kulit kepala lebih berminyak dan dapat memicu pertumbuhan berlebih dari jamur Malassezia.

Baca juga:

Dijamin Makin Cantik, Begini Cara Meluruskan Rambut Tanpa Harus ke Salon

Mulai Sekarang Rajinlah Cuci Sisir Rambut
Banyak kotoran yang menempel di sisir. (Foto: Unsplash/Jonathan Cooper)

“Jamur dapat menyebabkan dermatitis seboroik, atau ketombe, suatu kondisi peradangan yang mengakibatkan ruam berminyak, gatal, dan bersisik di kulit kepala,” tutur Hartman.

Terlebih lagi, bila tekstur rambutmu membuat sulit untuk keramas setiap hari, kamu berisiko lebih tinggi terkena dermatitis seboroik karena kulit kepala cenderung lebih berminyak.

Masalah lainnya bila kamu malas mencuci sisir adalah rambut rontok. Dermatitis seboroik sering terasa gatal, dan menggaruk kulit kepala hanya akan menyebabkan rambutmu patah.

Ditambah lagi, kulit kepala yang meradang tidak bisa menghasilkan rambut normal. Sebuah studi di PLOS One Mei 2019 menunjukkan Malassezia berhubungan dengan kerontokan rambut.

Baca juga:

Hindari Kebiasaan Ini saat Menyisir Rambut

Mulai Sekarang Rajinlah Cuci Sisir Rambut
Demi rambut yang sehat dan bersih. (Foto: Unsplash/Curology)



Menurut studi dari University of Central Florida College of Medicine, menggaruk kepala juga dapat menyebabkan jaringan parut, merusak folikel rambut, menghambat pertumbuhan rambut, dan menyebabkan kerontokan.

Di sisi lain, fungsi sisir bisa ikut rusak bila kamu malas mencucinya. Hartman menuturkan, sisir bisa berfungsi maksimal dalam kondisi bersih. Bila bristle di sisir tertutupi residu, maka akan menjadi mudah patah.

Cara mencuci sisir yang pertama, singkirkan rambut yang menempel di bristle, mislanya menggunakan alat runci seperti rattail brush. Selanjutnya, siapkan sebuah mangkuk dan isi dengan air sabun gangat.

Jika sisirmu terbuat dari plastik, rendam sisir sepenuhnya selama beberapa menit. Tetapi jika terbuat dari kayu, celupkan bagian bristle-nya saja agar tidak merusak bagian kayunya.

Kemudian, bilaslah sisir dengan air bersih dan keringkan di atas handuk bersih atau dengan bristle menghadap ke bawah. (and)

Baca juga:

Cara Simpel Buat Rambut Tebal Tanpa Keluar Uang

#Kesehatan #Kecantikan #Tips Kecantikan
Bagikan
Ditulis Oleh

Andreas Pranatalta

Stop rushing things and take a moment to appreciate how far you've come.
Bagikan