Mulai Hari Ini, Pemotor Masuk Jalur Sepeda Ditilang Kadishub DKI Jakarta, Syafrin. Foto: MP/Asropih

MerahPutih.com - Pemprov DKI melalui Dishub DKI Jakarta telah menerbitkan Peraturan gubernur (pergub) tentang penetapan jalur sepeda dengan surat pergub nomor 128 tahun 2019.

Aturan tersebut telah ditandatangani Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan Kamis (21/11) kemarin. Artinya penindakan atas pelanggaran di jalur sepeda pun mulai efektif diterapkan hari ini, Jumat (22/11).

Baca Juga

Jalur Sepeda Cikini Dibongkar, Anak Buah Anies Bela Diri

Dalam pergub itu pengendara yang melintas bakal dikenakan sanksi yang diatur dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009. Jenis sanksi beragam, mulai dari hukuman pidana kurungan maksimal dua bulan hingga denda maksimal Rp 500.000.

Kadishun DKI Jakarta, Syafrin. Foto: MP/Asropih
Kadishun DKI Jakarta, Syafrin. Foto: MP/Asropih

"Pelanggaran terhadap marka jalan dan rambu lalu lintas pada lajur sepeda sebagaimana dimaksud dalam Pasal 1 ayat (1) dikenakan sanksi sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan," tulisnya

Baca Juga

Dishub DKI Belum Tindak Penerobos Jalur Sepeda, Ini Alasannya

Kadishub DKI Jakarta, Syafrin menambahkan nantinya Dishub DKI akan bekerja sama dengan kepolisian dan juga Satpol PP dalam melakukan pengawasan dan juga penindakan.

Lebih lanjut, Syafrin menuturkan dalam pengawasan dan penindakan akan ada dua model pengawasan di jalur khusus sepeda.

"Yang pertama tentu adalah statis akan ada plotingan di titik tertentu sesuai jadwal anggota, yang kedua adalah dengan mobile. jadi akan ada tim lintas jaya Dishub bersama Polda Metro Jaya dan TNI akan mobile dan melakukan pemantauan terhadap operasional jalur sepeda," kata Syafrin. (Asp)

Baca Juga

Anies Tandatangani Pergub Jalur Sepeda, Pengendara Melanggar Ditilang Rp500 Ribu


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH