Sulli Sudah Berusaha Meminta Pertolongan Sulli minta pertolongan banyak orang untuk atasi depresi sebelum bunuh diri (Sumber: The Indian Express)

KEPERGIAN Choi Jin-ri atau yang lebih dikenal sebagai Sulli masih menyisakan duka bagi industri hiburan Korea.

Mantan personel f(x) tersebut mengakhiri hidupnya dengan gantung diri di apartemennya, Senin (14/10). Tekanan menjadi seorang idola telah ia alami sejak belia. Hal tersebut diperparah dengan komentar buruk dari warganet padanya.

Tekanan dari agensi dan publik serta komentar jahat dari warganet membuat mentalnya hancur. Hal tersebut bahkan membuat Sulli mengidap depresi. Sebelum mengakhiri hidupnya, Sulli mengiba meminta pertolongan dari orang-orang di sekitarnya.

Baca Juga:

Potret Hidup Tragis Sulli, Raih Popularitas di Usia Muda Hingga Mati di Usia Muda


Mulai dari profesional, agensinya, seorang pastur hingga publik yang hanya mengenalnya lewat layar kaca. Berikut sejumlah pihak yang pernah diminta pertolongan oleh Sulli:

1. Agensi

Sulli
Sulli saat tergabung di SM Entertainment (Sumber: Sulleim)


Selama berkarir sebagai idola Korea, Sulli berada di bawah agensi SM Entertainment. Ia memulai trainee di agensi tersebut sejak duduk di kelas 5 sekolah dasar.

Dibalik dedikasinya terhadap SM Entertainment, Sulli hanya meminta agensi besutan Lee Soo-man tersebut untuk melindunginya dari komentar jahat warganet.

Seperti diketahui, beberapa tahun terakhir Sulli "dibombardir" oleh pesan jahat sejak terbuka akan hubungannya dengan rapper Dynamic Duo, Choiza. Bahkan usai hubungannya kandas, setiap gerak gerik

Sulli terus mendapat komentar buruk. Ia kesulitan menangani komentar kejahatan dan terus menerus meminta agensinya untuk mengambil tindakan tepat dalam menangani komentar tersebut. Dirinya memberi tah agensi tentang situasinya melalui sang manajer.

Sayangnya, respon yang ditunjukkan oleh SM Entertainment sangat pasif. "Alamat IP pengguna terdaftar di negara asing sehingga sulit mencari mereka. Alamat IP nya juga temporer sehingga sulit bagi kami untuk menangkap penggunanya," demikian sanggahan yang diucapkan oleh representatif SM Entertainment.

2. Pemuka Agama

Sulli
Sulli menghubungi pemuka agama saat stres (Sumbger: South China Morning Post)


Beratnya beban sebagai seorang idola membuat Sulli depresi dan terus menerus melakukan percobaan bunuh diri. Namun selama ini Sulli masih bertahan dan terus mencari bantuan baik secara fisik, psikis bahkan spiritual.

Salah satu orang yang pernah dimintai pertolongan oleh Sulli adalah seorang pastur bernama Kim Hyung-kook. Genap seminggu berita kematian Sulli mengisi headline sejumlah surat kabar, Hyung-kook pun angkat bicara.

"Ini akan sulit bagi saya saat ini. Sulli datang ke kantor saya dua tahun yang lalu setelah diperkenalkan oleh teman kami," ungkapnya.

Dalam tulisannya itu ia mengatakan bahwa Sulli pernah berusaha untuk mengakhiri hidupnya. "Saya tidak mengira kondisinya buruk pada saat itu. Saya mengatakan bahwa saya bisa mengobati luka batinnya tetapi akan lebih baik jika ia menyelesaikan masalah mendasarnya terlebih dahulu," jelas Hyung-kook.

Hyung-kook merekomendasikan Sulli untuk menghadiri sejumlah peribadatan dan mempelajari Alkitab. Sayangnya, setelah beberapa kali hadir, ia tidak melanjutkan karena alasan lain," ucapnya.

Awalnya Hyung-kook tidak terlalu mempedulikan berita-berita yang berkaitan tentang dunia hiburan, namun saat bertemu dengannya dan mendengar berita tentangnya ia menjadi cemas. "Terkadang saya mengirim pesan singkat atau surat karena khawatir tetapi saya tidak pernah menerima balasannya," jelas Hyung-kook.

Baca Juga:

Sejumlah Selebriti Menunda Aktivitasnya Ketika Sulli Wafat


3. Publik

Sulli
Sulli beri isyarat pada penggemar akan depresi yang dialami (Sumber: Instagram/@jelly_jilli)


Dalam akun Instagram pribadinya, @jelly_jilli, Sulli selalu membagikan aktivitas sehari-harinya. Selain membagikan kegiatan keartisannya, Sulli juga membagikan sisi lain dirinya yang bernama Choi Jin-ri.

Secara tersirat ia memperlihatkan depresi yang dimilikinya kepada khalayak. Tak hanya di unggahan biasa, dirinya pernah pula mengaktifkan live Instagram yang memperlihatkan dirinya hanya menangis selama 10 menit. Dirinya juga selalu menegaskan kepada para pembencinya di Instagram bahwa dia tak pernah memiliki niat jahat pada siapapun.

"Aku bukan orang jahat. Maaf," ucapnya. Tak tahan dengan komentar buruk warganet, dirinya pun pernah secara langsung menanyakan mengapa mereka memperlakukannya dengan begitu keji. "Kenapa kamu selalu mengatakan hal buruk padaku? Apa yang sudah kulakukan hingga aku layak mendapatkan ini semua?" ucapnya. (avia)

Baca Juga:

Bersahabat dengan Sulli dan Jonghyun, Selebritas ini Amat Terpukul

Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH