Member EXO hingga BTS, para Idola ini Pernah Ditolak JYP Entertainment J-Hope, IU dan Xiumin pernah ditolak oleh JYP (Sumber: Berbagai Sumber)

NAMA besar di industri K-pop tak menjamin perjalanan mulus bagi para selebritas asal 'Negeri Ginseng'. Perjalanan mereka sebelum debut begitu berliku. Saat gagal audisi berkali-kali hingga dianggap tak berbakat menari, mereka harus menelan pil pahit di masa lalu.

Sebelum menemukan 'rumah' di agensi mereka saat ini dan mencapai ketenaran, para idola ini pernah mengikuti audisi untuk agensi top Korea Selatan, JYP Entertainment. Namun sayang, mereka ditolak.

BACA JUGA:

1. J-Hope BTS

J-Hope
J-Hope (Sumber: Big Hit Entertainment)

Sebelum debut dengan grup BTS dan meraih popularitas yang luar biasa, J-Hope mengikuti audisi untuk JYP Entertainment pada 2009. Sayangnya, JYP enggan menawarkan kontrak kerja sama dengannya. Mimpinya tak berakhir di sana. Ia beralih jadi trainee resmi untuk Big Hit Entertainment pada 2010 dan debut tiga tahun kemudian.

BACA JUGA:

2. Xiumin EXO

Xiumin
Xiumin (Sumber: Harper Bazaar)

Formasi EXO bisa sangat berbeda seandainya Xiumin diterima sebagai trainee untuk JYP Entertainment. Benar, ia pernah mengikuti audisi di perusahaan yang digawangi Park Jin-young pada 2008. Rupanya pesona Xiumin tak mampu menggerakkan JYP Entertainment untuk 'meminangnya'.

Kegagalan tersebut justru menjadi awal mula keberuntungan Xiumin. Ia malah bergabung dengan agensi yang tak kalah besar, SM Entertainment, setelah berpartisipasi dalam Kontes Everysing yang diselenggarakan oleh SM Entertainment.

3. IU

artis
IU (Sumber: LOEN Entertainment)

Sebelum menjadi salah satu penyanyi solo yang paling terkenal dan sukses, IU melalui perjalanan yang terjal dan bergelombang untuk menjadi bintang. Ia pernah mengikuti 20 audisi selama dua tahun termasuk di antaranya dengan JYP. Sayangnya, semua menolaknya. Untungnya, Loen Entertainment mengenali bakatnya. Loen Entertainment pun merekrutnya pada 2007. IU pun memulai debutnya pada 2008.

Bos JYP Entertainment, Park Jin-young, mengungkapkan beberapa tahun yang lalu bahwa ia menyesali keputusannya karena IU penuh pesona dan bakat.

BACA JUGA:

Lagu Korea Paling Fenomenal Berusia 10 Tahun

4. DEAN

artis
Dean (Foto: Rolling Stones)

DEAN ialah salah satu artis solo paling terkenal saat ini. Sebelum memulai debutnya sebagai artis solo, bakatnya pernah diabaikan JYP Entertainment. Ceritanya, ketika baru berusia 17 tahun, ia mengikuti audisi untuk JYP Entertainment. Namun, itu berakhir dengan penolakan. Penolakan tersebut tak membuatnya gentar. Setahun kemudian, ia mulai menulis lagu untuk idola K-Pop besar seperti EXO dan VIXX.

5. Yuju GFRIEND

artis
Yuju GFRIEND (Sumber: Kpopmap)

JYP pernah mengecewakan seorang gadis muda selama audisi K-Pop Star. Namun, sekarang dia menjadi idola K-Pop papan atas. Perempuan tersebut ialah Yuju. Member GFRIEND tersebut pernah mengikuti audisi untuk musim pertama K-Pop Star. Walaupun Yang Hyun-suk memujinya, ia justru mendapat komentar buruk dari Park Jin-young, Menurutnya, kemampuan bernyanyi dan menari Yuju hanya rata-rata. Ia gagal maju lebih jauh dalam kontes tersebut.(avia)

BACA JUGA:
Kredit : iftinavia


Iftinavia Pradinantia

LAINNYA DARI MERAH PUTIH