Mulai Bulan Depan Selandia Baru Buka Perbatasan untuk Wisatawan Asing

Muchammad YaniMuchammad Yani - Kamis, 17 Maret 2022
Mulai Bulan Depan Selandia Baru Buka Perbatasan untuk Wisatawan Asing
Kebijakan ini berlaku mulai bulan depan. (Foto: Pixabay/JESHOOTS-com)

SELANDIA Baru tengah mempersiapkan diri untuk menerima kembali para wisatawan mancanegara. Negara dengan ibu kota Wellington itu akan membuka kembali perbatasan untuk wisatawan Australia pada bulan April dan mancanegara yang tidak memerlukan visa di bulan Mei.

Dilansir dari Antara, Kamis (17/3) warga Australia yang sudah vaksinasi bisa masuk ke Selandia Baru tanpa isolasi mulai 13 April sementara wisatawan yang sepenuhnya divaksinasi dari negara bebas visa seperti Jepang, Amerika Serikat, Inggris, dan Korea Selatan bisa masuk mulai 2 Mei.

Baca juga:

Ogoh-Ogoh Mulai Diarak Sejak Nyepi Jadi Hari Libur Nasional 39 Tahun Lalu

Hal ini diutarakan oleh Perdana Menteri Jacinda Ardern, dikutip dari Kyodo, Kamis (17/3). Keputusan tersebut maju beberapa bulan setelah Selandia Baru melewati puncak infeksi varian Omicron. Sebelumnya, pada Februari lalu Ardern mengatakan turis dari Jepang, Australia, dan negara bebas visa lainnya tidak akan diizinkan masuk hingga Juli.

Pemandangan alam di Selandia Baru. (Foto: Pixabay/cowins)
Pemandangan alam di Selandia Baru. (Foto: Pixabay/cowins)

"Menutup perbatasan kami adalah salah satu tindakan pertama yang kami ambil untuk menghentikan COVID-19 dua tahun lalu," kata perdana menteri dalam sebuah pernyataan.

"Keputusan itu memberikan dampak baik yang kami butuhkan. Tapi sekarang setelah kami divaksinasi tinggi dan diprediksi tidak akan mencapai puncak Omicron kami, sekarang aman untuk dibuka," ujarnya menambahkan.

Baca juga:

Dari Sembalun hingga Tiga Gili, Rekomendasi Wisata di Lombok dan Bali

Nantinya semua pengunjung harus divaksinasi lengkap dan memberikan hasil tes COVID-19 negatif sebelum keberangkatan. Kemudian setelah lima hari kedatangan pengunjung wajib melakukan tes COVID-19 lagi.

Selandia Baru akan buka perbatasan untuk wisatawan. (Foto: Pixabay/ninotchka939)
Selandia Baru akan buka perbatasan untuk wisatawan. (Foto: Pixabay/ninotchka939)

Sebenarnya, pembukaan perbatasan secara penuh untuk pelancong mancanegara tidak diharapkan hingga Oktober. Namun Ardern mengisyaratkan bahwa ini juga dapat dimajukan.

Perbatasan Selandia Baru telah ditutup untuk sebagian besar pelancong sejak Maret 2020 dan hanya dibuka kembali sepenuhnya untuk warga dan penduduk yang kembali dari mana saja di dunia awal bulan ini. (Yni)

Baca juga:

Manis Legit Surabi Khas Sunda

#Wisata
Bagikan
Ditulis Oleh

Muchammad Yani

Lebih baik keliling Indonesia daripada keliling hati kamu
Bagikan