Mulai Beralih Pada Sabun Organik yang Ramah Lingkungan Sabun organik yang ramah lingkungan dan sehat untuk kulit. (Foto: Unsplash/Heather Ford)

ORGANIC soap sudah menjadi tren dari sejak lama. Kebanyakan orang beralih ke sabun organik untuk perawatan kulit yang lebih sehat. Tidak hanya lebih ramah lingkungan, sabun organik juga bermanfaat untuk kesehatan kulit kita.

Dilansir dari Metaphorganic.com, sabun organik yang mengandung bahan-bahan alami lebih baik dibandingkan dengan sabun sintetis yang mengandung pengawet berbahaya. Tidak hanya pengawet yang berbahaya, di dalam sabun sintetis tentunya mengandung pewarna, pewangi sintetis, dan bahan sintetis lainnya. Sehingga dengan beralih ke sabun organik ini membuat kondisi kulit kita terhindar dari iritasi.

Baca juga:

Alasan Dokter Larang Penggunaan Riasan Saat Pakai Masker

Selain baik untuk kulit, tentunya barang yang mengandung bahan-bahan ramah lingkungan akan berdampak baik untuk lingkungan sekitar. Misalnya dampak kepada hewan, karena kandungan alami produk-produk organik tidak perlu melakukan pengujian terhadap hewan (No Animal Testing).

Ada beberapa bahan dasar yang biasanya digunakan dalam sabun organik yang baik untuk kulit kita.

1. Based Oil

Minyak kelapa menjadi salah satu bahan dasar untuk sabun organik. (Foto: Today Show)
Minyak kelapa menjadi salah satu bahan dasar untuk sabun organik. (Foto: Today Show)

Kebanyakan sabun organik pasti mengandung bahan-bahan alami dari minyak dasar atau based oil. Minyak tersebut meliputi minyak kelapa, minyak zaitun, dan minyak biji Jarak. Bahan-bahan tersebut biasanya juga digunakan untuk memasak yang juga aman digunakan pada kulit kita. Hindari penggunakan minyak sawit, karena minyak sawit berpotensi merusak lingkungan.

2. Essential Oil

Essential oil untuk pewangi alami dalam sabun. (Foto: Unsplash/Priscilla Du Preez)
Essential oil untuk pewangi alami dalam sabun. (Foto: Unsplash/Priscilla Du Preez)

Tentunya tidak hanya minyak-minyak tadi yang dibutuhkan dalam pembuatan sabun organik ini. Bahan wajib lainnya yang dibutuhkan adalah essential oil. Minyak esensial biasanya dibuat dari bahan alami seperti buah-buahan atau tumbuh-tumbuhan lainnya. Misalnya sepeti lemon, mint, daun sereh, dan bahan alami lainnya. Dari laman Metaphorganic.com, minyak esensial yang murni tidak boleh langsung digunakan pada kulit karena akan menyebabkan iritasi.

Baca juga:

Ghosting, Berbahaya Bagi Kesehatan Mental

3. Gliserin

Gliserin menjadi bahan dasar untuk membuat sabun organik. (Foto: Youtube/Oh, The Things We'll Make)
Gliserin menjadi bahan dasar untuk membuat sabun organik. (Foto: Youtube/Oh, The Things We'll Make)

Bahan gliserin merupakan produk alami yang memang digunakan di dalam sabun organik. Tidak hanya itu, gliserin juga memiliki banyak manfaat positif untuk kecantikan. Kandungan gliserin akan membuat kulit kita terjaga kelembapannya.

Bahan-bahan alami dari sabun organik ini tidak hanya baik untuk kulit kita, tetapi secara tidak langsung membuat kita turut berkontribusi untuk menjaga lingkungan. (Ren)

Baca juga:

Begini Bahaya Menahan Gejolak Buang Air Besar


Tags Artikel Ini

Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH