Mulai 30 Oktober, PLTSa Putri Cempo Mulai Memproduksi Listrik

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 27 Oktober 2023
Mulai 30 Oktober, PLTSa Putri Cempo Mulai Memproduksi Listrik
PLTSa Putri Cempo Solo, Jawa Tengah. (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Solo memastikan Pembangkit Listrik Tenaga Sampah atau PLTSa Putri Cempo bakal mulai memproduksi listrik secara konsisten mulai 30 Oktober mendatang.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Surakarta, Kristiana Hariyati mengungkapkan, Sertifikat Layak Operasional (SLO) dari Kementerian ESDM telah diterbitkan. Dengan adanya syarat itu operasional PLTSa bisa segera dilakukan.

Baca Juga

Kebakaran TPA Putri Cempo Mengancam Bangunan PLTSa

"Kami pastikan untuk tanggal 30 Agustus PLTSa Putri Cempo bakal mulai memproduksi listrik secara konsisten," ujar Kristiana, Kamis (26/10).

Dia menjelaskan meski sudah bisa memproduksi listrik, kerja sama jual beli listrik dengan PLN baru akan dilakukan pada Januari 2024. Hal itu terjadi karena harus penyiapan sejumlah dokumen pendukung jual beli listrik hingga kesiapan lahan untuk biodrying yang baru akan rampung pada akhir Desember mendatang.

"Kami bakal melakukan Launching Kesiapan Pengoperasian PSEL tersebut pada 30 Oktober. Dengan demikian PSEL akan mulai memproduksi listrik secara normal dan diterima oleh Gardu Induk PLN," katanya.

Baca Juga

Proses Jual Beli Tenaga Listrik PLTSa Putri Cempo Solo ke PLN Tertunda

Dia mengatakan untuk jual beli listriknya menunggu berita acara Commercial Operation Date (COD) dari PLN. Dengan demikian, ke-8 mesin gasifier yang akan dioperasikan oleh PT Solo Citra Metro Plasma Power (SCMPP) mulai bisa menghasilkan listrik sekitar 5 megawatt.

"Guna mendukung kinerja mesin gasifier itu, sedikitnya harus ada 545 ton sampah yang harus diolah," kata dia.

Ia menambahkan sampai dari Bali siap didatangkan untuk operasional PLTsa. Mendatangkan sampah siap pakai dari Bali itu juga berfungsi menggantikan sampah-sampah baru di TPA Putri Cempo yang terbakar beberapa waktu lalu. (Ismail/Jawa Tengah)

Baca Juga

PLTSa Putri Cempo Solo Belum Lolos Uji Sertifikasi, Moeldoko: Lahannya Masih Kurang

#Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa)
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan