Mulai 20 Desember, Operasional KRL Jabodetabek Hanya Sampai Jam 10 Malam

Andika PratamaAndika Pratama - Jumat, 18 Desember 2020
Mulai 20 Desember, Operasional KRL Jabodetabek Hanya Sampai Jam 10 Malam
Commuter Line. Foto:@CommuterLine

MerahPutih.com - PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) menyesuaikan layanan dan operasional pada masa Angkutan Natal dan Tahun Baru mulai 18 Desember 2020-8 Januari 2021.

Penyesuaian ini guna mendukung upaya bersama untuk mengendalikan penyebaran virus COVID-19 dengan tetap melayani kebutuhan mobilitas esensial dari masyarakat.

Baca Juga

Menhub Ingin Ada Regulasi Ketat Penggunaan Drone

VP Corporate Communication KCI, Anne Purba mengatakan, mulai 20 Desember 2020 hingga 8 Januari 2021, Commuter Line Jabodetabek akan beroperasi pukul 04:00 hingga 22:00 WIB.

"Pengaturan jam operasional ini sesuai dengan aturan kegiatan ekonomi di wilayah DKI Jakarta yang maksimal berakhir pada pukul 21:00 WIB,"kata Anne dalam keteranganya, Jumat (18/12).

Anne menuturkan, penyesuaian ini untuk mempertimbangkan kebutuhan operasional pengiriman rangkaian KRL untuk keberangkatan pada esok paginya.

"Dengan jam operasional 04:00-22:00, KCI mengoperasikan 964 perjalanan Commuter Line per harinya dengan 91 rangkaian kereta," jelas Anne.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, pada malam pergantian tahun nanti, Commuter Line juga tidak akan mengoperasikan kereta tambahan malam tahun baru.

Ini sejalan dengan aturan pemerintah untuk tidak ada kegiatan malam tahun baru untuk menghambat penyebaran virus COVID-19.

"Pada pergantian tersebut, KAI Commuter tetap beroperasi hanya sampai pukul 22:00 WIB," sebut Anne.

Penumpang menunggu KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.
Penumpang menunggu KRL di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga/aww.

Ia menjelaskan, selama masa angkutan Natal dan Tahun baru kali ini, protokol kesehatan dan aturan tambahan dalam menggunakan KRL tetap berlaku.

Protokol kesehatan 3M juga senantiasa wajib dijalankan oleh para pengguna maupun petugas di stasiun maupun di dalan KRL.

Commuter Line telah memasang wastafel tambahan di 80 stasiun yang melayani KRL untuk memudahkan pengguna mencuci tangan sebelum dan sesudah naik KRL.

Selain itu, seluruh rangkaian kereta setiap harinya dicuci dan disemprot cairan disinfektan usai beroperasi. Selama beroperasi, petugas juga rutin membersihkan bagian-bagian KRL maupun stasiun dengan cairan disinfektan.

Selain itu, di seluruh stasiun dan rangkaian kereta juga telah tersedia marka sebagai pedoman posisi pengguna dalam mengantre, duduk, maupun berdiri selama dalam perjalanan.

Sementara, aturan-aturan tambahan yang berlaku yaitu bagi orang lanjut usia atau berusia 60 tahun ke atas, tiap harinya hanya dapat menggunakan KRL di luar jam sibuk yaitu pukul 10.00 WIB hingga 14.00 WIB.

Para pengguna yang membawa barang sesuai ketentuan namun ukurannya dapat mengganggu penerapan jaga jarak aman di KRL juga hanya dapat naik di luar jam sibuk.

"Sedangkan anak balita untuk sementara masih dilarang untuk naik KRL," kata Anne.

Ia pun mengajak masyarakat khususnya pengguna KRL untuk mengikuti imbauan dari pemerintah untuk beraktifitas seperlunya dan tidak mengikuti kerumunan pada masa libur Natal dan Tahun Baru ini.

Dengan penyesuaian jam operasional KRL mengikuti aturan yang berlaku, para pengguna kami ajak merencanakan perjalanan dengan baik dan keluar rumah hanya untuk kebutuhan yang benar-benar mendesak.

"Mari bersama-sama kita disiplin mengikuti protokol kesehatan untuk menghambat penyebaran COVID-19," jelas Anne. (Knu)

Baca Juga

Libur Natal-Tahun Baru, Pendatang Masuk Jateng Harus Rapid Test Antigen

#PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) #Commuter Line
Bagikan
Bagikan