Mulai 10 Mei, Menteri Kabinet Kompak Tiru Jokowi Pakai Jaket Asian Games Presiden Joko Widodo mengenakan jaket Asian Games berpose dengan pengurus OSIS SMA berprestasi se-Indonesia ketika menerima kunjungan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5). ANTARA FOTO/Wahyu Putro

MerahPutih.com - Menteri Kabinet Kerja bakal tampil kompak mengenakan jaket Asian Games custom mengikuti jejak Presiden Joko Widodo (Jokowi). Jaket itu akan dipakai mulai 10 Mei mendatang, sebagai simbol hitung mundur 100 hari sebelum penyelenggaraan Asian Games 2018 di Jakarta dan Palembang.

"Desainnya mungkin berbeda ya dengan Pak Presiden tapi harus satu nada. Idenya Pak Triawan (Kepala Bekraf) bagus menurut saya, kalau itu dipakai menteri, 'countdown' 100 hari mulai tanggal 10 (Mei), itu akan bagus," kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di lingkungan Istana Kepresidenan di Jakarta, Jumat (4/5).

jokowi jaket asian games

Presiden Joko Widodo mengenakan jaket Asian Games berpose dengan pengurus OSIS SMA berprestasi se-Indonesia ketika menerima kunjungan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5). ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Asian Games dimulai pada 18 Agustus 2018 atau sekitar tiga bulan lagi. Kemarin, Presiden Jokowi saat bertemu dengan siswa-siswi OSIS SMA berprestasi se-Indonesia di Istana Kepresidenan Bogor pada Kamis (4/5) mengenakan jaket hitam dengan ilustrasi berbagai cabang olahraga seperti bola basket, angkat besi, panahan, tinju hingga anggar dan tulisan 'Asian Games' berwarna putih di bagian belakang. Sementara itu, di bagian depan terpampang sketsa logo Asian Games XVIII dan ada tulisan 'Indonesia' di bagian lengan.

Menpar juga memuji langkah aktif Presiden mengkampanyekan perhelatan akbar Asian Games ke publik. "Kalau sudah dipakai Pak Presiden itu sudah pasti viral," tegas mantan Bos telkomsel itu dilansir Antara.

Sedangkan, Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf mengatakan jaket atau baju untuk mempromosikan Asian Games akan lebih banyak diproduksi.

"Mungkin kita produksi dulu saja, (jaket) ini bisa pada acara resmi sesering mungkin, kecuali 'kawaninan' kan pakai batik, ha ha ha, misal sedang tugas ketemu media ini mau semuanya yang penting mereka (menteri) menunjukkan ini bajunya, contohnya mereka buat sendiri dulu, kami akan buat dulu seminggu ini," ungkap Triawan.

Promosi Asian Games 2018. Foto: ANTARA

Triawan mengungkapkan bahwa Bekraf akan membuat satu contoh jaket lalu diberikan ke Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC). "Nanti menteri pakai semua, nanti satu model," tandas dia.

Untuk diketahui, jaket Asian Games Presiden Jokowi diproduksi oleh merek lokal Never Too Lavish, yang didirikan Muhammad Haudy. Desain itu diminta khusus oleh Jokowi untuk mempromosikan Asian Games.

Haudy menggunakan teknik pure hand painting di jaket terbaru Jokowi. Inspirasinya berasal dari berbagai desainer kenamaan lokal dan dunia. Saat ini, jaket tersebut belum diproduksi secara massal. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH