MUI Takut Efek Ekonomi Virus Corona Bakal Libas Indonesia Sejumlah warga memakai masker saat berjalan menuju stasiun bawah tanah kereta subway di Kota Beijing, Tiongkok, Selasa (21/1/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Jason Lee/wsj.

MerahPutih.com - Majelis Ulama Indonesia (MUI) menyoroti dampak virus corona pada sisi ekonomi sebagaimana warga dunia menjadi khawatir membeli produk Tiongkok.

"Takut membeli barang-barang dari China karena dikhawatirkan akan membawa serta virus yang ditakuti tersebut ke negara yang bersangkutan," kata Sekretaris Jenderal MUI Anwar Abbas, kepada wartawan di Jakarta, Selasa (29/1).

Baca Juga:

Gara-gara Virus Corona, Disneyland Hong Kong Ditutup

Anwar mengkhawatirkan dengan begitu corona tidak hanya berdampak terhadap kesehatan tetapi juga pada kehidupan ekonomi global. Menurut dia, yang kerap fokus pada isu-isu ekonomi mengatakan corona dapat memicu turunnya produksi dalam negeri Tiongkok. Permintaan mereka terhadap bahan baku impor dari negara lain tentu akan menurun juga.

"Hal ini tentu akan sangat memukul negara-negara lain yang telah menjadi mitra dagang China selama ini, termasuk Indonesia," ungkap Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu, dikutip Antara.

Sekjen MUI Anwar Abbas

Dengan berkurangnya permintaan dunia terhadap barang-barang Tiongkok, kata dia, maka akan berdampak terhadap menurunnya pendapatan warganya. Akibatnya, lanjut dia, tentus saja akan sangat berpengaruh terhadap daya beli terhadap barang-barang impor yang selama ini mereka datangkan dari negara-negara lain termasuk Indonesia.

Untuk itu, Anwar berharap pemerintah Indonesia bisa mengantisipasi hal tersebut dan mencari solusi agar pengusaha dalam negeri tidak terpukul. "Penting dilakukan agar dampak ekonomi dari corona bisa diminimalisir," tutup petinggi MUI itu. (*)

Baca Juga

Paus Fransiskus Puji Tiongkok Dalam Penanganan Virus Corona


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH