MUI Sudah Menduga Ceramah UAS Akan Viral Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI, Masduki Baidowi. (MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Ketua Bidang Informasi dan Komunikasi MUI, Masduki Baidowi menegaskan bahwa lembaganya tak menghakimi Ustaz Abdul Somad (UAS) pasca-dakwahnya yang viral dengan menyinggung salib.

Masduki sudah menyangka bahwa ucapan UAS di Masjid An Nur, Pekanbaru tahun 2016 atau tepatnya tiga tahun lalu itu akan viral kemana-mana.

Baca Juga: Ade Armando Pertanyakan Rujukan UAS Sebut Ada Setan dan Jin Kafir di Salib

"Memang satu diskusi di internal tadi. Itu jangan masuk ke wilayah yang sifatnya bisa menyinggung orang lain," kata Masduki di Gedung MUI, Jakarta Pusat, Rabu (21/8).

Ustaz Abdul Somad. (Foto: Net)
Ustaz Abdul Somad. (Foto: Net)

Masduki melanjutkan, soal patung meski ada di dalam Al Aquran, namun hal itu bisa menyinggung ajaran agama lain meski disampaikan dalam forum kajian agama yang tertutup sekalipun.

"Nah persoalan seperti itu kita menginginkan ustad Abdul Somad tidak masuk dalam wilayah seperti itu. Apalagi misalnya menyinggung persoalan ke agama lain," jelas Masduki.

Masduki melanjutkan bahwa MUI saat ini fokus meredam isu ini dan bisa membuat suasana kondusif kembali.

Baca Juga: Kuasa Hukum Anggap Pelaporan Terhadap UAS Sebagai Pencemaran Nama Baik

"Ya harapannya supaya tidak ada gugatan balasan dari pihak yg lain, dan kemudian kalau dicabut ya lebih bagus," jelas Masduki.

MUI saat ini tak berencana akan memberikan perlindungan hukum terhadap terlapor Ustaz Abdul Somad.

"Karena kalau masuk wilayah hukum itu tidak selesai karna ada tuntutan baru dari persoalan lain yang cuma sama masalahnya dan itu tidka akan selesai, dan ini yang masuk akhirnya dampaknya ke politik," pungkas Masduki. (Knu)

Baca Juga: GMKI Minta Polisi Periksa UAS


Tags Artikel Ini

Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH