MUI Kecam Serangan Teroris Selandia Baru Sebagai Perbuatan Terkutuk Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin. (MP/Fadhli)

MerahPutih.Com - Serangan teroris yang terjadi di kota Christchurch, Selandia Baru mengundang kecaman dan keprihatinan seluruh dunia. Penembakan yang menyasar jamaah yang salat Jumat di dua masjid itu menurut Ketua Dewan Pertimbangan MUI Din Syamsuddin sebagai perbuatan terkutuk.

Din Syamsuddin menilai serangan teror tersebut merupakan tindakan yang tidak berperikemanusiaan sebab dilakukan saat jamaah sedang menunaikan salat.

"Kita semua mengutuk sekeras-kerasnya serangan yg disertai penembakan secara brutal terhadap umat Islam yamg sedang menunaikan salat Jum'at di masjid," kata Din dalam keterangannya, Jumat (15/3).

Din melanjutkan, aksi teror tersebut adalah tindak kekerasan ekstrim (violent extremism) dan bentuk Islamofobia yang tidak beralasan.

Petugas kepolisian mengevakuasi korban penempakan di Christchurch
Petugas Keamanan mengevakuasi korban penembakan di masjid kota Christchurch, Selandia Baru (Foto: euronews.com)

"Serta hanya dilakulan oleh orang yang tidak berperiketuhanan dan berperikemanusiaan," jelas Din.

President of Asian Conference on Religions for Peace (ACRP) ini meminta kepada pemerintah Selandia Baru untuk melakukan investigasi serius dan menyeret pelakunya ke jalur hukum sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

"Kami mengimbau kepada umat Islam di dunia, khususnya di Indonesia, agar dapat menahan diri dan tidak terhasut melakukan reaksi negatif," pungkas Din.

Sebelumnya, penembakan brutal terjadi di dua masjid di Selandia Baru pada Jumat (15/3) waktu setempat. Dilaporkan 40 orang tewas dalam insiden tersebut.

Perdana Menteri Selandia Baru, Jacinda Ardern menyebut 30 orang meninggal dunia di Masjid Al Noor dan 10 korban berada di Masjid Linwood. Sedangkan, 20 korban luka-luka dibawa ke rumah sakit terdekat.

PM Ardern menyatakan bahwa polisi sudah menangkap empat pelaku penembakan yang terdiri dari tiga pria dan satu perempuan. Salah satunya adalah warga Australia.(Knu)

Baca berita menarik lainnya dalam artikel:



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH