Muhammadiyah Gelar Olimpiade Budaya Jawa di Yogyakarta

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 09 September 2016
Muhammadiyah Gelar Olimpiade Budaya Jawa di Yogyakarta
Muhammadiyah

MerahPutih Budaya- Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DI Yogyakarta berencana menggelar Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) di Yogyakarta. Agenda tersebut akan dilaksanakan pada 10-22 September 2016.

"Kegiatan itu sebagai upaya melestarikan dan mengembangkan budaya Jawa yang sarat dengan nilai-nilai luhur," kata Ketua Majelis Pendidikan Dasar dan Menengah (MPDM) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah (PWM) DIY Arif Budi Raharjo seperti dilansir Antara, Kamis (8/9).

Rangkaian pagelaran olimpiade ini akan dimulai dengan pawai taaruf budaya Jawa pada 10 September 2016 yang mengambil rute dari Balai Kota Yogyakarta hingga Alun-alun Utara.

Selanjutnya pada 19-22 September 2016 akan diadakan berbagai lomba budaya di antaranya cerdas cermat budaya Jawa, macapat, geguritan, karawitan, dagelan mataram, tari jawa, dolanan egrang, gasingan, gobagsodor, dan jemparingan.

"Rangkaian kegiatan Olimpiade Budaya Jawa (OBJ) itu akan ditutup dengan pagelaran seni budaya di Sportorium Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) pada 23 September 2016," urainya.

OBJ akan diikuti seluruh sekolah dan madrasah yang benaung dibawah yayasan Muhamadiyah. "Pengenalan  kebudayaan Jawa kepada para pelajar diawali dengan pengenalan seluruh aspek kebudayaan yang ada sehingga rasa memiliki identitas itu selanjutnya menumbuhkan rasa hormat dan bangga terhadap nilai-nilai luhur budaya Jawa," pungkasnya.

BACA JUGA:

  1. HUT Kota Yogyakarta ke-260, Tujuh Pasangan Nikah Gratis di Stasiun Kereta
  2. BPCB Yogyakarta Temukan Pagar Kuno Candi Prambanan
  3. Kampanyekan Cagar Budaya, BPCB Yogyakarta Manfaatkan Mobil Bioskop Keliling
  4. Candi Kalasan Segera Dipugar Total
  5. Candi Kalasan akan Jadi Taman
#Muhammadiyah #Balai Pelestarian Cagar Budaya Yogyakarta #Pawai Budaya Yogya Istimewa
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan