Muhadjir Minta Masyarakat Nikmati Protokol Kesehatan, Jangan Dianggap Beban Menko PMK Muhadjir Effendy (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Merahputih.com - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Muhadjir Effendi mengajak masyarakat menikmati protokol kesehatan dalam segala aktivitas.

Pada kunjungan kerja di Manokwari Selasa Muhadjir menyebutkan wabah virus corona jenis baru (COVID-19) sangat berdampak pada tatanan ekonomi. Guna mengatasi agar perekonomian tetap surfive di awal pandemi pemerintah telah menetapkan status darurat ekonomi.

"Pemerintah sadar itu sehingga perlu melakukan hibernasi ekonomi dengan berhemat agar bisa bertahan hidup. Tapi kondisi ini tidak boleh berlangsung terlalu lama karena bisa berakibat fatal, yakni akan terjadi resesi atau keterpurukan ekonomi," ucap Muhadjir, Selasa (7/7).

Baca Juga:

Para Jenderal Bintang Tiga yang Masuk Kriteria Jadi Kapolri

Untuk mencegah agar perekonomian negara dan masyarakat tidak terpuruk di tengah wabah COVID-19, sebut Muhadjir, pemerintah memutuskan untuk bangkit dengan menerapkan new normal. Seluruh kegiatan, termasuk perekonomian dapat dibuka secara normal namun wajib menerapkan protokol kesehatan.

"Pakai masker, jaga jarak, rutin cuci tangan dan lain sebagainya. Ini tidak normal tapi harus menikmati jangan dianggap beban agar bisa tetap beraktivitas dan ekonomi bangkit. Pada fase new normal kita harus produktif tapi tetap aman dari COVID-19," beber dia.

Muhadjir mengungkapkan problem mendasar pada fase normal baru ini adalah masyarakat kurang disipilin. Pemerintah pusat berharap seluruh pimpinan di daerah menjadi contoh dan melakukan upaya pendisiplinan terhadap masyarakat.

Mendikbud Muhadjir Effendy
Menko PMK, Muhadjir Effendy. (ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari)

Selain itu Peraturan daerah (Perda) perlu dibuat serta melibatkan aparat baik TNI, Polri maupun Satuan Polisi Pamong Praja dalam pendisiplinan.

"Saat ini kita sedang berperang melawan COVID-19. Kalau masyarakat patuh kita bisa lewati bencana ini dengan selamat," ujarnya.

Menurutnya pasar tradisional harus diawasi secara baik. Protokol kesehatan harus benar-benar diterapkan baik pengunjung maupun pedagang pasar. Tata kelola pasar diatur, lalu dilakukan pemeriksaan COVID-19 secara periodik.

Ia menekankan usaha mikro dan kecil (UMK) harus tetap bergerak saat pandemi. Upaya ini harus menjadi perhatian serius setiap daerah untuk mencegah penambahan daftar orang miskin baru.

Baca Juga:

Saksi Ungkap Eks Dirkeu Jiwasraya Pernah Beli Saham Anak Perusahaan Bakrie Group

"Pada krismon (krisis moneter) tahun 1997-1998 dampaknya besar terhadap ekonomi, tapi dampak itu hanya dirasakan oleh pelaku usaha besar. UMK tetap bertahan saat itu. Sedangkan bencana COVID-19 sekarang ini justru UMK yang mengalami dampak paling serius. Pedagang bakso pendapatan mereka turun drastis, pembeli kurang karena masyarakat takut keluar rumah," sebut Muhadjir.

Ia juga berharap Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan dan seluruh bupati/wali kota mampu mengendalikan perekonomian di wilayah masing-masing. Kesigapan pemerintah daerah sangat penting di tengah bencana. (*)

LAINNYA DARI MERAH PUTIH
 Roy Kiyoshi Ditangkap Diduga Tersangkut Penyalahgunaan Narkoba
Berita
Roy Kiyoshi Ditangkap Diduga Tersangkut Penyalahgunaan Narkoba

Hal ini dibenarkan oleh Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Budi Sartono. Saat ini, kata Budi, pihaknya masih melakukan pemeriksaan secara intensif kepada Roy.

Pergerakan Pesawat Sepi, AirNav Terus Uji Coba Rute Alternatif
Indonesia
Pergerakan Pesawat Sepi, AirNav Terus Uji Coba Rute Alternatif

UPR ini, dapat digunakan oleh penerbangan lintas udara yang terbang pada ketinggian 35.000 – 60.000 kaki di atas permukaan air laut.

Motif Dwi Sasono Pakai Ganja
Indonesia
Motif Dwi Sasono Pakai Ganja

suami dari penyanyi Widi Mulia itu sudah mengonsumsi ganja selama satu bulan.

Pengacara Novel Kecewa Polisi Paksakan P21 Kasus Teror Air Keras
Indonesia
Pengacara Novel Kecewa Polisi Paksakan P21 Kasus Teror Air Keras

"Polisi memaksakan. Karena Novel dan beberapa saksi mengatakan bukan kedua orang tersebut pelakunya," kata Saor

LIPI: Coronavirus Lebih Lambat Mutasinya Dibanding Influenza Virus
Indonesia
LIPI: Coronavirus Lebih Lambat Mutasinya Dibanding Influenza Virus

Biasanya kalau mutasinya signifikan itu baru menimbulkan efek

 Anies Siapkan Skenario Terburuk Jika Pandemi Corona Meluas
Indonesia
Anies Siapkan Skenario Terburuk Jika Pandemi Corona Meluas

"Kalau dua minggu ke depan kita tidak melakukan langkah-langkah yang serius, punya potensi bisa 6 ribu kasus, 840 parah, 300 kritis. Ini simulasi dengan menggunakan skenario terburuk," ujar Anies

Kontraksi Ekonomi Mulai Mereda
Indonesia
Kontraksi Ekonomi Mulai Mereda

Pemerintah dalam program pemulihan ekonomi nasional berupaya untuk menjaga keseimbangan antara permintaan dan penawaran.

BI: Indonesia Masih Perlu Mengejar Ekonomi Syariah
Indonesia
BI: Indonesia Masih Perlu Mengejar Ekonomi Syariah

Indonesia diharapkan menjadi pemain global untuk ekonomi dan keuangan syariah. Hal ini karena memiliki potensi besar dan sudah menjadi tren dunia. Namun, kondisi ekonomi syariah Indonesia tertinggal dibandingkan negara dengan mayoritas warganya nonmuslim. Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo mengatakan, sejak 2015, BI, pemerintah dan instansi terkait lainnya meningkatkan langkah pengembangan ekonomi dan keuangan syariah yang banyak fokus di perbankan dan diperluas ke pasar modal, mobilisasi zakat dan wakaf produktif. Selain itu, meningkatkan ekonomi syariah dalam membentuk rantai pasok halal yang bersinergi antara pemerintah, BI, dunia usaha termasuk melakukan edukasi dan literasi melalui kampanye dalam Festival Ekonomi Syariah yang diadakan BI. Saat ini, negara yang penduduknya bukan mayoritas muslim, menjadi pusat ekonomi syariah di antaranya China sebagai eksportir baju muslim terbesar di dunia. Begitu juga Korea Selatan menjadi produsen kosmetika halal terbesar dan destinasi wisata halal, Jepang juga merupakan salah satu pusat industri halal dan pariwisata. Tidak ketinggalan negara tetangga yakni Thailand juga memiliki visi dapur halal dunia. Mencermati itu, lanjut ia, pemerintah sebelumnya sudah membentuk Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS). Indonesia masih perlu mengejar ekonomi syariah di antaranya dalam industri farmakosmetika, pariwisata, dan keuangan karena saat ini berada di urutan keenam berdasarkan laporan State of Global Islamic 2020-2021. Meski begitu, beberapa industri dari Indonesia sudah masuk 10 besar di antaranya untuk makanan halal berada di urutan keempat, dan fesyen di urutan ketiga setelah Uni Emirat Arab (UAE) dan Turki. "Ekonomi dan keuangan syariah bukanlah terkait agama melainkan menjadi tren di dunia sebagai salah satu pendekatan model bisnis ekonomi dan keuangan," ujar Ferry.

 Pemprov DKI Bakal Sulit Hadapi Warga Mudik Lokal Saat Lebaran
Indonesia
Pemprov DKI Bakal Sulit Hadapi Warga Mudik Lokal Saat Lebaran

"Dia tahu dan mengerti Covid-19, tapi itu karena kebutuhan sehari-hari. Ini sama silaturahmi juga kebutuhan," ucapnya.

Jasa Marga Perpanjang Contraflow di Tol Japek Arah Cikampek
Indonesia
Jasa Marga Perpanjang Contraflow di Tol Japek Arah Cikampek

Pada sebelumnya dilakukan contraflow dari Kilometer (Km) 47, kini menjadi KM 40+600 hingga KM 61 arah Cikampek. Aturan tersebut dimulai dari Kamis (24/12) pukul 09.40 WIB.