Muhadjir Effendy Tak Mau Lama-Lama Duduki Kursi Menpora

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 16 Maret 2023
Muhadjir Effendy Tak Mau Lama-Lama Duduki Kursi Menpora
Menko PMK Muhadjir Effendy yang juga Plt Menpora (kanan). (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Zainudin Amali melakukan serah terima jabatan (sertijab) Menteri Pemuda Olahraga (Menpora) kepada Menko PMK Muhadjir Effendy yang ditunjuk sebagai pelaksana tugas (plt) di Wisma Kemenpora Jakarta, Kamis (16/3).

Acara ini dihadiri oleh sejumlah petinggi organisasi olahraga seperti Ketua Umum KONI Marciano Norman, dan berbagai pimpinan cabang olahraga (cabor).

Dalam sambutannya, Amali memohon maaf kepada seluruh pihak jika terdapat kekeliruan selama menjabat. Selain itu, ia menyampaikan ucapan selamat datang kepada Muhadjir Effendy.

Baca Juga:

Muhadjir Effendy Ditunjuk jadi Plt Menpora, Sertijab Dilakukan Besok

"Hari ini saya berakhir di Kemenpora dan ini adalah ujung jalan perjalanan saya di Kementerian Pemuda dan Olahraga. Selamat datang Prof H Muhadjir Effendy," kata Amali dalam sambutannya.

Dalam pidatonya, Muhadjir menyatakan bakal maksimal mengemban amanah Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ia juga berharap tak terlampau lama mengisi kekosongan jabatan tertinggi Kemenpora.

"Saya akan jadi plt sampai hadir Menpora definitif. Mudah-mudahan tidak terlalu lama, semakin cepat semakin baik, karena program saya banyak," jelas dia.

Menurut dia, Kemenko PMK sudah terlalu banyak pekerjaan dan tugas berat.

"Kami mengurus orang miskin dan orang susah. Ada program prioritas yang kejar tayang untuk 1 tahun 7 bulan lagi," jelas Muhadjir yang mengenakan peci hitam dan kemeja putih ini.

Baca Juga:

3 Kader Muda Golkar yang Pantas Gantikan Zainudin Amali Jadi Menpora

Ia selaku menteri koordinator yang salah satunya mengkoordinasikan fungsi dan tugas dari Kemenpora menilai, banyak prestasi yang ditorehkan Zainudin Amali baik di bidang olahraga, kepemudaan, maupun tata kelola birokrasi.

"Ciri menteri yang berprestasi di mata saya itu, adalah kalau Menkonya enggak banyak terlibat. Jadi saya relatif tidak banyak terlibat dengan urusan Pak Prof Amali karena semua sudah dalam on the right track, semua sudah berada di dalam jalur yang benar," jelasnya.

Menurutnya, di bawah kepemimpinan Zainudin Amali selama ini kerja sama, koordinasi, singkronisasi dan pengendalian program-program di bidang kepemudaan, keolahragaan dan pramuka berjalan dengan sangat baik.

Terutama ketika menghadapi event besar, banyak isu-isu krusial. Namun, hal itu bisa diatasi karena berada di dalam frekuensi yang sama.

Muhadjir Effendy menjadi Plt Menpora berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 18 Tahun 2023 tanggal 13 Maret 2023.

Sementara, Amali akan fokus menjadi Wakil Ketua Umum PSSI mendampingi Erick Thohir. (Knu)

Baca Juga:

Airlangga Sodorkan 3 Nama Calon Menpora ke Presiden Jokowi

#Muhadjir Effendy #Kemenpora
Bagikan
Bagikan