Mudiklah Dengan Cara yang Sehat Mudik dengan sehat membuat kamu dan keluaga bahagia (Foto: Pexels/JESHOOTS.com)

MUDIK bukan hal berat bagi kamu yang memiliki kampung halaman dekat. Dua sampai tiga jam waktu tempuh sudah sampai di kampung halaman. Tapi bagi kamu yang memiliki kampung halaman dengan jarak begitu jauh dari ibukota, kondisi fisik harus sangat dipersiapkan.

Untuk itu amat penting kamu menjalani mudik dengan sehat. Berikut ini beberapa tips untuk melakukan mudik sehat.

1. Persiapan sebelum berangkat

Tidur dulu sebelum menempuh perjalanan (Foto: Pixabay/Olichel)

Persiapan mudik yang terpenting ialah dengan tidur minimal enam jam di malam sebelum berangkat. Lalu, jangan sampai kelaparan di perjalanan. Karenanya makan yang cukup saat waktu sahur dengan makanan bergizi. Agar nyaman selama perjalanan pakai juga pakaian yang agak longgar. Hindari pakaian ketat karena kamu bukan ingin menghadiri konser.

Selain itu jangan lupa membawa bekal yang tidak gampang basi untuk berbuka nanti. Terutama bawalah makanan dan minuman manis untuk mengembalikan energi setelah berpuasa. Kamu tidak akan tahu apakah penyakit akan menyerang saat di perjalanan nanti.Bawa obat-obatan seperlunya, minimal untuk pertolongan pertama sebelum kamu bisa mampir ke posko kesehatan.

2. Selama perjalanan

Jangan merokok selama perjalanan (Foto: Pixabay/SarahRichertArt)

Jangan pernah merokok untuk menghindari kekurangan oksigen selama perjalnan. Apalagi mengonsumsi alkohol. Sebagai gantinya perbanyak minum air putih selama perjalanan kalau kamu tidak berpuasa. Jika memang kamu tetap berpuasa selama perjalanan, hajar dengan air putih saat berbuka nanti.

Lakukan beberapa gerakkan untuk meregangkan otot. Msalnya dengan menggerakkan otot betis dan kaki secara teratur. Kencangkan dan kendurkan pula otot-otot pantat dan perut untuk mendorong darah kembali menuju jantung. Yang terpenting luruskan kaki dengan jarak waktu beberapa menit. Intinya kamu harus menggerakkan tubuh kamu selama perjalanan. jangan hanya duduk saja.

3. Kamu yang mengemudi

Jangan paksakan mengemudi saat mengantuk (Foto: confused)

Kalau sudah merasa lelah jangan dipaksakan, isitirahat terlebih dulu, tidurlah di tempat peristirahatan. Minimal harus ada anggota keluarga yang menggantikan kamu untuk menyetir saat rasa kantuk datang. Tapi kalau hanya kamu yang bisa menyetir, tidur selama 15 menit sudah cukup untuk mengembalikan kekuatan kamu. Kembali lagi, agar tidak mengantuk minum air putih yang banyak. Atau suruh anggota keluarga lain untuk menemani kamu selama perjalanan. Dengan obrolan-obrolan, kamu tidak akan mengantuk.

4. Mudik bersama bayi

Persiapkan obat-obatan untuk si kecil (Foto:ndtv)

Tidak jarang juga pemudik membawa bayi. Periksa terlebih dulu kondisi si kecil ke dokter sebelum berangkat. Pastikan kondisinya dalam keadaan sehat. Jika memang tidak memungkinkan, kamu harus menunda mudik kamu.

Bawa juga beberapa obat-obatan untuk si kecil dengan saran dokter. Selain itu sebaiknya jangan selalu memangku bayi selama perjalanan. Jangan sampai tubuh bayi basah agar tidak terserang masuk angin. Jaga selalu tubuh si kecil tetap kering.

Sahabat Merah Putih, mudiklah dengan sehat. Keluarga pun bahagia dan siap merayakan hari raya Idul Fitri besama keluarga besar tercinta. (ikh)

Baca juga artikel menarik lainnya di sini Latih Dulu Kalau Ajak Bayi Mudik dengan Kendaraan Umum

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH