Mudik Tak dilarang, Sri Sultan Sarankan Jatah Libur Bersama Lebaran Dikurangi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Kamis, 18 Maret 2021
Mudik Tak dilarang, Sri Sultan Sarankan Jatah Libur Bersama Lebaran Dikurangi
Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X (MP/Teresa Ika)

Merahputih.com - Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menyambut baik keputusan pemerintah pusat tidak melarang mudik saat hari raya Idul Fitri 2021. Namun Sri Sultan HB X menyarankan agar pemerintah mengurangi hari libur cuti bersama Lebaran.

"Ya tidak apa-apa. Berarti kalau memang seperti itu nanti kebijakannya seperti apa, saya belum tahu persis. Pasti nanti ada kebijakan," kata Sultan HB X, di Kompleks Kantor Kepatihan, Yogyakarta, Rabu (18/3).

Ia menilai pengurangan jatah cuti ini dapat mengurangi mobilitas masyarakat yang tidak menerapkan protokol 5M (mengenakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas).

Baca Juga:

Catat! Pemerintah Tidak Melarang Masyarakat Mudik Lebaran Tahun Ini

"Kalau saya ya lebih cenderung (mudik) tidak dilarang, tapi jumlah harinya misalnya kemarin itu (libur) bisa lima hari sampai seminggu, ya sekarang tidak usah. Silaturahmi ya dua hari atau tiga hari saja sudah selesai," kata dia.

Selain itu pengurangan hari libur bersama juga dirasa mampu menurunkan gairah masyarakat untuk berpergian jarak jauh.

Apalagi dengan jumlah kasus positif COVID-19 yang hingga kini masih fluktuatif, belum waktunya menumbuhkan sikap seperti saat kondisi normal.

Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X (MP/Teresa Ika)

Pihaknya sudah memepersiapkan sejumlah strategi untuk mencegah munculnya klaster Covid baru saat liburan Lebaran. Diantaranya pemeriksaan surat bebas COVID-19 terhadap para pendatang yang memasuki perbatasan wilayah.

Tanpa upaya pengetatan diperbatasan, kasus COVID-19 memiliki peluang melonjak kembali.

"Hal-hal seperti ini jadi perhatian atau enggak? Kalau tetap lolos bebas saja ya mungkin bisa naik lagi," jelas dia.

Baca Juga:

Pemerintah Masih Bahas soal Aturan Mudik Lebaran 2021

Saat ini ia masih akan menunggu kebijakan dari pemerintah pusat menjelang mudik Lebaran untuk menerapkan kegiatan pemeriksaan tersebut.

Ia menambahkan saat ini jumlah wisatawan di Yogyakarta mulai meningkat di libur akhir pekan. kembali didatangi wisatawan. Jumlahnya diperkirakan bisa melonjak sampai tiga kali lipat saat momentum mudik Lebaran. (Knu)

#Sri Sultan HB X #Sri Sultan Hamengkubuwono X #Mudik #Arus Mudik #Tips Mudik #Info Mudik #Mudik Gratis #Mudik Lebaran #Persiapan Mudik
Bagikan
Bagikan