Mudik Pakai Transportasi Umum? Ini yang Harus Kamu Perhatikan Ilustrasi (Foto: pixabay/JESHOOTScom)

MUDIK menggunakan transportasi umum memang memiliki banyak keuntungan ketimbang kamu menggunakan kendaraan pribadi. Saat menggunakan transportasi umum kami bisa beristirahat sesuka hati.

Namun, bukan berarti mudik dengan transportasi seperti bus, kereta atau pesawat tak memiliki kekurangan. banyak juga bahaya dari orang-orang jahat yang siap merampok pemudik lengah.

Untuk itu, kali ini merahputih.com akan sedikit memberikan tips agar mudik kamu aman. Apa saja itu?

Persiapkan segala sesuatu

pixabay/wokandapix
(Foto: Pixabay/wokandapix)

Sebelum berangkat kamu wajib mengecek satu per satu barang yang akan dibawa. Kamu juga harus memesan tiket jauh-jauh hari. Karena di musim mudik seperti sekarang, tiket akan cepat habis.

Kamu juga harus memisahkan hal yang sering dan jarang atau tidak digunakan. Hal ini akan memudahkan barang mana yang ditaruh di bagasi atau kamu pegang. Tak ada salahnya juga menandai barang kamu agar tak tertukar dengan milik orang lain.

Siapkan uang pas

pixabay/stevepb
(Foto: Pixabay/stevepb)

Sebisa mungkin jangan membawa uang terlalu banyak di dompet, atau tas. Bawa uang secukupnya untuk keperluan selama perjalanan. Kamu bisa memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan seperti tiket, kendaraan umum lain, makanan dan biaya toilet.

Membawa uang tak terlalu banyak dapat meminimalisir tindakan kejahatan. Atau setidaknya tidak mengalami kerugian yang amat banyak jika hal tersebut terjadi. Kamu juga bisa menyimpan uang di beberapa tempat berbeda.

Cari tempat keramaian

Pixabay/PublicDomainPictures
Pixabay/PublicDomainPictures

Cobalah untuk cari tempat-tempat ramai. Karena seperti yang diketahui tempat sepi menjadi lokasi empuk bagi para pelaku kejahatan melancarkan aksinya.

Meski demikian jangan juga terlalu lengah, karena bisa saja kejahatan malah terjadi di tempat ramai. Jadi sebisa mungkin amankan barang-barang kamu jangan sampai berpindah tangan.

Jangan berpenampilan mencolok

Pixabay/Free-photo
(Foto: Pixabay/Free-photo)

Sangat bijak jika kamu mudik menggunakan transportasi umum berpenampilan biasa. Karena ketika kamu terlihat mencolok dengan pakaian mahal hal tersebut malah membahayakan dan mengundang orang berniat jahat.

Coba lepaskan aksesoris mahal yang biasa kamu pakai sehari-hari. Lebih baik hanya menggunakan pakaian biasa yang membuat kamu nyaman sepanjang perjalanan.

Tetap waspada

Pixabay/Stocksnap
(Foto: Pixabay/Stocksnap)

Setelah semua sudah kamu lakukan tetaplah waspada. Karena kejahatan bisa terjadi kapan, dimana dan kepada siapa saja. Usahakan jangan terima tawaran makanan apapun dari orang yang tak dikenal.

Karena biasanya para pelaku kejahatan sengaja memasukan obat tidur ke makanan yang ditawarkan. Dengan begitu dia bisa menjarah barang yang kamu bawa sesukanya.

Itulah tips dari merahputih.com saat kamu mudik menggunakan transportasi umum. Semoga perjalanan kamu menyenangkan. (yani)

Kredit : yani

Tags Artikel Ini

Muchammad Yani