Mudik Pakai Mobil Pribadi? Ini Tipsnya Pemudik di tol Cipali. ANTARA FOTO/Dedhez Anggara

HORE! Sebentar lagi kita akan memasuki waktu libur lebaran. Bagi yang rindu kampung halaman pasti sudah tak sabar melakukan tradisi rutin tahunan yakni mudik. Nah, untuk tahun ini moda transportasi apa yang akan kamu pakai?

Bagi yang berniat menggunakan mobil pribadi tentu harus mempersiapkan segala sesuatunya, mulai dari kondisi fisik, hingga kendaraan. Jangan sampai perjalanan bertemu sanak saudaramu di kampung malah merujung malapetaka.

Berikut ini beberapa tips aman dari merahputih.com, bagi kamu yang ingin melakukan perjalanan mudik menggunakan mobil pribadi.

1. Pengecekan kendaraan

Cek dulu kendaraanmu (Sumber: Pixabay/DokaRyan)
Cek dulu kendaraanmu (Sumber: Pixabay/DokaRyan)

Hal yang paling penting sebelum kamu melakukan perjalanan jauh adalah memeriksa kondisi kendaraanmu. Kondisi kendaraan yang prima akan membuatmu nyaman dan meminimalisir kendala saat mudik. Pengecekan untuk mobil usahakan meliputi mesin, oli, kelistrikan, air bag, tekanan ban, rem dan wiper.

Agar pemeriksaannya maksimal, lebih baik bawa ke bengkel terpercaya jauh-jauh hari. Pertimbangkan pula kalau ingin menambahkan aksesoris untuk mobilmu. Oh iya, jika perlu kamu bisa membawa ban serep saat melakukan perjalanan mudik.

2. Pelajari rute alternatif

Jangan lupa pelajari rute alternatif (Sumber: Pixabay/Free-Photos)
Jangan lupa pelajari rute alternatif (Sumber: Pixabay/Free-Photos)

Mudik bukan hanya dilakukan oleh kamu saja. Ada ribuan orang yang meakukannya. Oleh karena itu jangan heran ketika di tengah perjalanan kamu akan menemukan kondisi jalan yang macet parah, bahkan hingga berkilo-kilo meter.

Pelajari rute alternatif adalah solusinya. Kamu bisa bertanya kepada teman yang sudah berpengalaman atau mengandalkan peta di Google Map. Rute alternatif juga sangat berguna jika kamu menemukan pasar tumpah.

3. Perhatikan kapasitas mobil

Jangan membawa penumpang atau barang berlebih (Sumber: itaxi-ch.com)
Jangan membawa penumpang atau barang berlebih (Sumber: itaxi-ch.com)

Ini yang sering dilakukan banyak orang. Padahal membawa barang berlebih saat melakukan perjalanan jauh justru membahayakan kamu sendiri. Hal itu juga berlaku untuk jumlah penumpang mobilmu.

Jangan segan menolak permintaan kerabat atau tetangga yang ingin menumpang. Agar lebih tertata rapi, kamu bisa melakukan skema posisi barang dan penumpang. Taruh barang-barang penting seperti obat-obatan, makanan, alat ibadah di tempat yang mudah dijangkau.

4. Perhatikan lokasi SPBU dan rest area

Perhatikan lokasi SPBU (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)
Perhatikan lokasi SPBU (ANTARA FOTO/Oky Lukmansyah)

Kendaraan yang kamu tumpangi tentunya juga membutuhkan bahan bakar. Oleh karena itu sangat bijak jika kamu mengetahui lokasi-lokasi SPBU selama perjalanan mudik. Penuhi bahan bakar kendaraan sebelum memasuki daerah rawan macet.

Tentunya kamu masih ingat dengan peristiwa Tol Brexil di tahun 2016 silam kan? Saat itu banyak pemudik yang kehabisan bahan bakar di tengah kemacetan parah. Jangan sampai hal itu terjadi pada kamu. Oh iya, sekadar tips, jangan sekali-kali membeli bahan bakar eceran. Karena biasanya penjual bahan bakar sengaja menaikan harga berlipat-lipat.

5. Bawa uang tunai yang cukup

Bawa uang tunai (Sumber: Pixabay/EmAji)
Bawa uang tunai (Sumber: Pixabay/EmAji)

Tidak selalu ada mesin ATM serta tak semua toko bisa melakukan pembayaran dengan cara debit selama perjalanan menuju kampung halaman. Oleh karena itu membawa uang tunai selama perjalanan tergolong penting. Namun harus diingat jangan membawa uang berlebihan.

Pisahkan pecahan uang kecil dan besar agar mudah menggunakannya. Selain itu jangan lupa juga isi saldo E-Toll. Karena mudik di tahun ini pemerintah sudah menerapkan sistem pembayaran E-Toll di setiap gerbang.

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH