Mudik Nyaman Membawa Bayi, Jangan Lupa Siapkan MPASI Membawa bekal MPASI amat penting jika mudik bersama bayi. (foto: pixabay/yalehealth)

BANYAK hal yang harus dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik. Makanan salah satunya. Bagi orang dewasa, makanan mungkin bukan masalah besar karena tanpa membawa bekal pun, kamu masih bisa jajan. Namun beda halnya jika mudik membawa bayi.

Ya, bayi membutuhkan makanan khusus yang tepat nutrisi dan teksturnya. Bayi di atas 6 bulan akan membutuhkan MPASI selama perjalanan mudik. Oleh karena itu, buat kamu yang tahun ini mudik bersama si bayi, persiapkan MPASI dengan baik agar ia tetap nyaman di perjalanan. Berikut tipsnya.

1. Jenis makanan yang dibawa

biskuit bayi
Biskuit bayi bisa jadi pilihan bekal MPASI. (foto: becky'sbestbite)

Seperti yang disarankan dalam buku 365 Hari MPASI Plus oleh Diana Damayanti dan Lies Setyarini, kamu disarankan untuk menyiapkan makanan yang praktis selama perjalanan. Pilihan yang bisa kamu pertimbangkan ialah roti, biskuit, keju, dan buah yang mudah dikonsumsi seperti pisang.

Triknya, siapkan makanan yang sudah pasti disukai si kecil. Jangan memberikan jenis makanan baru. Pasalnya, ia bisa saja mungkin akan 'kesulitan' beradaptasi dengan situasi tempat umum yang ramai. Mengenalkan menu baru akan menambah beban adaptasi si kecil.

Selain makanan padat, kamu juga bisa memilih pure. Bekukan pure sayuran dan kaldu matang favorit si kecil. Sementara itu, buah seperti avokad, pisang, melon, pepaya, dan stroberi lebih baik disajikan dalam keadaan segar.

2. Porsi makanan

Perhatikan porsi makan si kecil agar ia tak rewel. (foto: mashable)

Pastikan Anda membawa porsi yang cukup untuk MPASI si kecil. Bawalah beberapa porsi tambahan untuk mengantisipasi penundaan akibat kemacetan atau delay penerbangan yang mungkin terjadi. Sebagai gambaran, bayi usia 6-9 bulan makan 2-3 kali per hari, sedangkan bayi usia 9-12 bulan, makan 3-4 kali per hari.

3. Cara menyimpan MPASI

Baby cube akan membantu menyimpan MPASI. (foto: babycubes.id)

Manfaatkan baby cube ukuran 40 ml untuk menyimpan MPASI. Tempat penyimpanan itu relatif mudah dihangatkan. Yang terpenting, pastikan wadah yang digunakan BPS free ya.


4. Trik membawa MPASI

Bawa cooler bag untuk perjalanan jauh. (foto: travelandleisure)

Jika kamui menempuh perjalanan cukup panjang, bawalah cooler box atau cooler bag untuk menyimpan MPASI. Pastikan kamu membawa blue ice yang cukup banyak agar suhu di dalam boks tetap dingin. Makanan dapat bertahan selama 7-8 jam dalam cooler box dan 4-5 jam dalam cooler bag.

5. Menyajikan MPASI

Hangatkan MPASI dengan merendam dalam mangkuk air panas. (foto: pinterest)

Saat akan memberikan MPASI kepada bayi, kamu tinggal menghangatkan baby cube. Caranya, rendam baby cube dalam mangkuk atau mug yang diisi air hangat. Jika mudik menggunakan pesawat terbang, kamu bisa meminta pramugari menyediakan air panas untuk menghangatkan MPASI. Dengan begitu, Anda tidak perlu repot membawa termos berisi air panas.

Namun, kalau kamu mudik menggunakan kendaraan pribadi, kereta api, atau kapal laut, sebaiknya kamu menyiapkan air panas sendiri di dalam termos. Pilihan lain, kamu dapat berhenti di rest area atau minimarket untuk menghangatkan MPASI. Di tempat-tempat itu, biasanya air panas tersedia.

Mengemas MPASI yang tepat jumlah dan jenis akan membuat bayi selalu kenyang. Dengan begitu, bayi akan selalu nyaman dan jauh dari rewel. (dwi)



Dwi Astarini

LAINNYA DARI MERAH PUTIH