Mudik Lokal, Pengguna KRL Alami Peningkatan Tajam

Zulfikar SyZulfikar Sy - Jumat, 29 April 2022
Mudik Lokal, Pengguna KRL Alami Peningkatan Tajam
Masinis KRL Commuter Line melihat rangkaian gerbong sebelum melakukan perjalanan di Stasiun Tangerang, Kota Tangerang, Sabtu, (18/4/2020). (Foto: MP/Rizki Fitrianto)

MerahPutih.com - Peningkatan arus lalu lintas Lebaran 2022 juga terjadi pada perjalanan lokal. Salah satunya dengan menggunakan moda transportasi Kereta Rel Listrik (KRL).

Menurut pantauan KAI Commuter di lintas, pemudik lokal yang menggunakan KA Lokal dalam satu wilayah menunjukkan tren kenaikan volume penggunanya cukup tinggi dalam satu minggu terakhir.

KAI Commuter mencatat tren kenaikan jumlah volume pengguna KRL Jabodetabek satu minggu terakhir menjelang Lebaran yaitu sebesar 11 persen.

Baca Juga:

Pemerintah Optimistis Mudik Dongkrak Perekonomian Sebesar Rp 174 Triliun

"Rata-rata pengguna pada minggu ini sebanyak 622.732 pengguna per harinya," kata VP Corporate Secretary KAI Commuter Anne Purba kepada wartawan, Jumat (29/4).

Sedangkan untuk rata-rata pengguna minggu lalu sebanyak 560.715 pengguna per hari. KAI Commuter juga mencatat pengguna KRL Jabodetabek tertinggi pada Senin (25/4) lalu, yaitu sebanyak 650.029 pengguna.

Anne menyebut, stasiun dengan volume tertinggi yaitu Stasiun Tanah Abang dengan rata-rata pengguna selama satu minggu terakhir sebanyak 44.721 pengguna.

Data tersebut lebih besar 9 persen dibandingkan dengan rata-rata pengguna pada minggu lalu yaitu sebanyak 41.161 pengguna.

"KAI Commuter juga mencatat, stasiun-stasiun transit pengguna KA lokal seperti Stasiun Rangkasbitung dan Stasiun Cikarang juga mengalami tren kanaikan," jelas Anne.

Volume pengguna KRL di Stasiun Rangkasbitung pada minggu ini, rata-rata pengguna sebanyak 8.311 pengguna atau naik sebanyak 38 persen dari rata-rata volume harian pengguna pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 6.017 pengguna tiap harinya.

Di Stasiun Cikarang rata-rata pengguna KRL juga mengalami kenaikan. Pada minggu ini rata-rata volume pengguna per hari sebanyak 10.139 pengguna atau naik 12 persen dari minggu sebelumnya yaitu sebanyak 9.091 pengguna tiap harinya.

"Dengan tren kenaikan tersebut, KAI Commuter mengoperasikan 1.053 perjalanan KRL Jabodetabek yang dimulai pukul 04.00 – 24.00 WIB tiap harinya," ungkap Anne.

Baca Juga:

Anak Sakit saat Mudik? Simak Tips untuk Mengatasinya

KAI Commuter juga menyediakan kapasitas angkut tiap hari sebanyak 1.079.200 pengguna. Khusus di Lintas Rangkasbitung-Tanah Abang PP KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 218 perjalanan per harinya dan 215 perjalanan per harinya pada lintas Cikarang-Jakarta Kota PP.

Sementara itu, tren pengguna KRL Yogyakarta-Solo dalam satu minggu terakhir ini juga mengalami kenaikan sebesar 4 persen atau rata-rata pengguna sebanyak 8.015 pengguna per hari.

Sedangkan rata-rata pengguna minggu sebelumnya sebanyak 7.743 pengguna per hari.

"Untuk mengantisipasi kenaikan pengguna KRL Yogyakarta-Solo, selama angkutan Lebaran ini KAI Commuter mengoperasikan 24 perjalanan KRL tiap harinya yang pada hari biasa hanya mengoperasikan 20 perjalanan KRL tiap harinya," kata Anne.

Anne menambahkan, kenaikan volume pengguna KA Lokal pada satu minggu terakhir menjelang Lebaran tahun ini juga mengalami peningkatan.

Volume pengguna KA Lokal Merak relasi Merak-Rangkasbitung PP pada satu minggu terakhir, tercatat rata-rata sebesar 4.768 pengguna per hari.

Data tersebut mengalami kenaikan sebesar 24 persen dibandingkan pada minggu sebelumnya yaitu sebanyak 3.847 pengguna per hari.

Untuk pelayanan KA Lokal Merak, KAI Commuter mengoperasikan sebanyak 14 perjalanan KA Lokal Merak per hari dengan kapasitas angkut sebanyak 9.324 pengguna per harinya.

Dengan jam operasional mulai pukul 04.50 – 23.30 WIB, pelayanan KA Lokal dilayani dengan dua rangkaian kereta dengan masing-masing 6 kereta kelas ekonomi (K3) pada tiap rangkaiannya.

Sedangkan untuk pengguna KA Lokal Prameks relasi Kutoarjo-Yogyakarta PP, tercatat kenaikan sebesar 14 persen pada satu minggu terakhir ini atau rata-rata sebanyak 1.725 pengguna tiap harinya.

Sedangkan pada minggu sebelumnya tercatat rata-rata pengguna KA Lokal Prameks sebanyak 1.508 pengguna per hari.

KAI Commuter terus mengimbau untuk tetap jaga jarak saat duduk di kursi KRL maupun saat berdiri di dalam perjalanan KRL. Selalu gunakan masker ganda dengan baik dan benar sesuai dengan aturan yang berlaku.

Aturan-aturan tambahan juga diberlakukan oleh KAI Commuter, seperti balita dan lansia hanya diperbolehkan naik KRL di luar jam sibuk yaitu pada pukul 10.00 – 14.00 WIB.

"Untuk Balita, dalam melakukan perjalanan menggunakan KRL tetap dengan mematuhi protokol kesehatan dengan memakai masker dan harus didampingi orang tua," tutup Anne. (Knu)

Baca Juga:

Sandiaga Harap Mudik Jadi Awal Kebangkitan Ekonomi

#Mudik Lebaran #Penumpang KRL #Kereta Rel Listrik (KRL)
Bagikan
Bagikan