Mudik Lewat Tegal? Yuk Mampir Ke 5 Tempat Wisata Ini Instagram/rizki_purwanto_liem

BANYAK kota dan kabupaten yang dilalui oleh para pemudik ketika melewati Jalur Pantai Utara alias Pantura. Salah satunya adalah Tegal. Bagi kamu yang ingin beristirahat di tengah perjalanan, kota ini mungkin bisa menjadi pilihan.

Pasalnya, Tegal memiliki potensi keindahan alam yang luar biasa. Mulai dari wisata pantai hingga pegunungan ada di sana. Selain itu, banyak penginapan yang bisa kamu pilih untuk beristirahat.

Kali ini merahputih.com akan memberikan beberapa destinasi wisata yang bisa kamu kunjungi ketika sedang beristirahat di Kota Tegal. Dengan mengunjungi tempat-tempat tersebut stres yang kamu miliki di saat perjalanan akan hilang.

Pemandian Air Panas Guci

Instagram/irwan.ghele
Instagram/irwan.ghele

Salah satu cara menghilangkan stres adalah dengan berendam dengan air hangat. Nah jika kamu melewati Tegal kamu bisa mampir ke Taman Wisata Air Panas Guci. Tempat tersebut berada di Desa Guci, Kecamatan Bumijawa atau sekitar 40 km dari Kota Tegal.

Pemandian air panas ini dipercaya oleh masyarakat sekitar mampu menyembuhkan berbagai penyakit seperti rematik, pegal-pegal dan lain sebagainya. Selain pemandian air panas, kamu juga bisa sekalian mampir ke Air Terjun Jedor, karena lokasinya cukup dekat.

Pantai Purwohamba Indah (Pur-In)

Instagram/viviindah05
Instagram/viviindah05

Pantai yang terletak di Desa Purwahamba, Kecamatan Suradadi atau sekitar 14 km dari terminal bus Kota Tegal ini sangat layak dikunjungi ketika kamu melewati Tegal. Meski tak memiliki pasir putih, hal itu yak mengurangi keindahan pantai ini.

Pantai Purwohamba Indah atau yang biasa disebut Pur'in adalah pantai yang difavoritkan di Ttegal. Selain bisa beristirahat di pantai kamu juga dapat mengunjungi Taman Ria Sosro Permai.

Situs Manusia Purba Semedo

Ilustrasi (Instagram/dio.apratama)
Ilustrasi (Instagram/dio.apratama)

Berekreasi sambil belajar, itulah yang bisa kamu dapat saat mengunjungi Situs Manusia Purba Semedo. Pasalnya di sana banyak menyimpan fosil peninggalan manusia purba yang hidup di daerah Tegal.

Bukan hanya fosil manusia saja, terdapat pula fosil hewan-hewan purba lainnya seperti badak, kuda nil, rusa, kerbau, sapi dan lain sebagaiya. Situs ini terletak di Desa Semedo, Kecamatan Kedung Banteng atau sekitar 23 km dari pusat Kota Slawi, Tegal.

Pantai Muara Reja

Instagram/rizkinawl
Instagram/rizkinawl

Keindahan pantai ini tak kalah dengan Purwohamba Indah. Di sana kamu akan melihat deretan pohon bakau yang tumbuh di pantai. Hal ini tentu akan membuat tempat tersebut terasa sejuk.

Bagi yang ingin berbuka puasa di sana, kamu dapat menyantap berbagai masakan laut yang dijual di sekitar pantai. Selain itu, kamu juga sesekali akan meliwat warga setempat yang sibuk memancing.

Konsorsium Rumah Wayang

Instagram/isnanurarifina
Caption

Kalau kamu sedang dengan budaya Indonesia, kamu bisa mampir ke tempat ini. Di Konsorsium Rumah Wayang kamu akan melihat berbagai koleksi wayang mudai dari tradisional hingga modern seperti tokoh kartun Tom and Jerry.

Di Konsorsium Rumah Wayang juga berdiri sebuah sanggar bernama Satria Laras milik Ki Enthus Susmono. Bagi yang ingin berkunjung kamu hanya mengikuti papan petunjuk yang ada di dekat jembatan Lemah Duwur, Talang, Kabupaten Tegal.

Kredit : yani


Muchammad Yani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH