Mudik Lewat Jalur Solo, Perhatikan 18 Titik Rawan Macet Ini Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno memberikan keterangan terkait jalur rawan macet dan kecelakaan di Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Dinas Perhubungan (Dishub) Solo, Jawa Tengah mengimbau pada pemudik yang melewati jalur Solo agar memperhatikan 18 titik jalan rawan macet.

Sebanyak 18 titik jalan rawan macet di Solo, yakni simpang Kerten, simpang Faroka, Simpang Taman Kerten, Simpang Pasar Nongko, Viaduk Gilingan, dan Simpang Lima Gilingan.

Kemudian di Simpang Tirtonadi, Simpang Coyudan, Simpang Dawung, Simpang Sangkrah, Simpang Ketandan, Simpang Loji Wetan, Simpang Ketandan, Simpang Pasar Kliwon, Simpang radio ABC.

Selain itu, di Simpang Fave Hotel, Klodran, Simpang Joglo dan kawasan Bundaran Gladak.

Sejumlah jalur rawan macet yang perlu diperhatikan pemudik yang memilih lewat Solo
Petugas Dinas Perhubungan (Dishub) Solo memasang Rambu Petunjuk Pendahulu Jurusan (RPPJ) di Jalan Slamet Riyadi, Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/5). (MP/Ismail)

"Sebagian besar jalan rawan macet tersebut berada pertigaan dan perempatan di tengah kota. Kami sudah menyosialisasikan jalan rawan macet ini pada pemudik agar tidak terjebak macet dengan mencari jalan alternatif," ujar Kepala Dishub Solo, Hari Prihatno pada MerahPutih.com, Kamis.(30/5).

Dishub Solo, kata Hari, sudah menyiapkan jalan alternatif untuk dilewati pemudik. Selain itu, menyiapkan rekayasa lalu lintas bersama Satlantas Polresta Surakarta agar tidak terjadi kemacetan parah di tengah kota dan di jalur perbatasan dengan daerah lain.

"Rekayasa lalin bisa kita lakukan dengan memperpendek durasi APILL (Alat Pemberi Isyarat Lalu Lintas) lampu merah supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di perempatan atau di pertigaan," papar dia.

Kepadatan lalu lintas di Jalur Solo
Kendaraan memadati Jalan Adi Soemarmo, Kelurahan Banyuanyar, Kecamatan, Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/5). (MP/Ismail)

BACA JUGA: Ruas Tol Diprediksi Padat, Pemudik Disarankan Lewat Jalur Selatan

Kapolda Metro Jaya Imbau Para Pemudik Agar Tidak Pakai Sepeda Motor

Dishub juga memasang Rambu Rambu Lalu Lintas dan Rambu Petunjuk Pendahulu Jurusan (RPPJ) di 128 titik untuk membantu pemudik mendapatkan informasi jalan alternatif agar pemudik tidak terjebak kemacetan.

"Kami juga memetakan tiga jalan rawan kecelakaan, yakni Jalan Sumpah Pemuda, Jalan Letjend Suprapto dan Jalan Adi Sucipto," tutup Hari Prihatno.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH