Mudik Lebaran, Kemenkes Dirikan 3.826 Posko di Sepanjang Jalur Mudik Menteri Kesehatan Nila F Moeloek (kanan) memperhatikan proses pemeriksaan kesehatan pemudik di Pos Kesehatan (ANTARA FOTO/Aprillio Akbar)

Kementerian Kesehatan turut berpartisipasi di musim mudik Hari Raya Idul Fitri 1438 H ini. Dengan mendirikan ribuan posko kesehatan di sepanjang jalur mudik, diharapkan pemudik tetap sehat dan bugar.

Menteri Kesehatan RI, Nila F Moeloek mengatakan jajarannya telah mendirikan sekitar 3826 posko kesehatan di sepanjang jalur mudik, mulai dari lintas Jawa, Bali hingga Sumatera.

"Terdapat 3.826 posko kesehatan di jalur mudik yang meliputi 3141 pos kesehatan dari dinkes, 207 pos kesehatan dari Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), 374 Rumah Sakit rujukan, layanan emergency sekitar 104 posko dan 119 publik safety center (PSC)," kata Nila saat mengisi diskusi di Galeri Nasional Indonesia, Kamis (22/6).

Ia menjelaskan posko kesehatan tersebut bisa dimanfaatkan pemudik saat membutuhkan layanan kesehatan selama perjalanan mudik.

"Kalau sekiranya saat mudik badan terasa kurang enak, pegal silahkan ke Posko kesehatan, jangan dipaksakan, berbahaya," ujarnya.

Lebih lanjut, Menkes mengimbau agar pemudik memastikan kondisi kesehatan sebelum menempuh perjalan jauh.

"Kita punya posko kesehatan yang dijaga oleh dokter, perawat, dan tenaga medis, lalu rumah sakit yang dibuka 24 jam," tuntasnya.

Kredit : fadhli


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH