Mudik Lebaran Harus Distop, Pengamat: Kalau Tidak, Pandemi Corona Kian Meluas Pengamat Transportasi Muslich Zainal Asikin (Foto: Dok Pribadi)

MerahPutih.Com - Pengamat Transportasi, Muslich Zainal Asikin mengusulkan pemerintah pusat untuk membuat aturan yang melarang warga untuk melakukan tradisi mudik lebaran di tengah darurat virus corona.

"Undang-undang tentang karantina karena adanya penyakit menular ditetapkan aja dong. Lalu ditentukan daerah tertentu misalnya jakarta, jakarta itu dilakukan sebagai kota yang penduduknya dikarantina secara terbatas. UUD karantina kan ada," kata Muslich saat dihubungi merahputih.com, Jumat (27/3).

Baca Juga:

Daerah-Daerah Mulai Berlakukan Lockdown Tanpa Koordinasi, Pemerintah Pusat Bertindak

Menurut dia, bila aturan itu sudah diketok dan disahkan pemerintah bisa menindak masyarakat yang masih membandel pulang kampung disaat wabah COVID-19.

Pengamat transportasi desak pemerintah hentikan mudik lebaran tahun ini
Pengamat transportasi Muslich Zainal Asikin setuju mudik lebaran tahun ini ditiadakan (Foto: Dok Pribadi)

"Ia dong harus ditindak (kalau mudik), kalau ga ditindak nanti repot kan. Kalau orang bolos dan tidak beda perlakuannya, jika sama kan nanti lama-lama orang pada bolos semua," jelas Muslich.

Ia pun mengimbau masyarakat yang ingin pulang kampung tau mudik diurungkan dahulu niatnya karena saat ini Indonesia masuk dalam darurat corona.

Menurut dia, bila hal ini dilakukan dikhawatirkan virus mematikan yang berasal dari kota Wuhan, Tiongkok menyebar luas.

"Ya baiknya Jangan mudik ya, kalau mudik kan tersebar ke seluruh indonesia. Karena yang terpapar paling parah kan jakarta mudik terbesar kan jakarta," tuturnya.

Pemerintah juga, kata dia, harus menghapus kebijakan yang kerap dilakukan tahun-tahun sebelumnya seperti menghapus subsidi mudik gratis bagi masyarakat. Hal itu dimaksudkan agar warga memikirkan beberapa kali untuk mudik karena biaya mahal.

Baca Juga:

Cegah Penyebaran COVID-19, Pemerintah Minta Masyarakat Tunda Mudik Lebaran

Meski demikian, Muslich mengusulkan, pemerintah untuk membuat larangan tradisi mudik supaya penyakit corona ini tak menular ke orang lain di kampung.

"Harus distop. Kalau engga distop kan menjalar, kalau menjalar kan ga berhneti-berhenti. Kita bisa setahun nih kalau gini," pungkasnya.(Asp)

Baca Juga:

Pakar Kesehatan Ungkap Pasien Corona Meninggal Tidak Tulari Virus ke Orang Lain

Kredit : asropih


Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH