Mudik ke Solo, Jokowi Bagikan 4.000 Peket Sembako Kepada Warga Presiden Jokowi di kampung halamannya, Solo, Jawa Tengah (MP/Ismail)

MerahPutih.Com - Presiden Jokowi bersama Ibu negara Iriana Jokowi pulang ke kampung halaman di Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Rabu (5/6).

Kepulangan Jokowi ke Solo sekaligus mengadakan kegiatan bagi-bagi sebanyak 4.000 paket sembako ke warga kurang mampu di Gedung Graha Saba Buana di Jalan Letjen Suprapto, Kelurahan Sumber, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah.

Mudiknya Jokowi ke Solo sekaligus sungkem kepada ibunda, Sudjiatmi Notomiharjo.

Warga Solo menyalami Presiden Jokowi
Warga Solo menyalami Presiden Jokowi yang mudik ke rumahnya di Solo (MP/Ismail)

Pantauan MerahPutih.Com, warga mulai berdatangan ke lokasi acara sejak pukul 14.00 WIB. Acara pembagian dimulai pukul 15.05 WIB sampai pukul 17.30 WB.

Jokowi tiba di Gedung Graha Saba Buana pukul 15.30 WIB untuk memantau pembagian paket sembako. Mengenakan jas biru dongker dan sepatu pantofel warna hitam, Jokowi langsung mendekati warga yang sudah lama antri di pagar pembatas.

Jokowi masuk ke dalam besi pembatas yang digunakan jalur warga mengambil paket sembako untuk mengajak warga bersalaman, berswafoto hingga sekedar menyapa warga Solo selama 15 menit.

Warga antri untuk bersalaman dengan Presiden Jokowi
Anrian warga yang ingin bersalaman dan menerima paket sembako dari Presiden Jokowi (MP/Ismail)

Setelah itu, Jokowi kembali menuju ke mobil untuk menuju ke kediamannya yang berjarak 150 meter dari lokasi acara pukul 15.45 WIB.

Saat ditanya awak media terkait acara ini, Jokowi hanya tersenyum lebar. Mantan Wali Kota Solo ini justru mengucapkan selamat Lebaran pada awak media.

"Mohon maaf lahir dan batin," ujar Jokowi.

Juru bicara keluarga Jokowi, Hariyanto, mengatakan giat bagi-bagi sembako merupakan agenda rutin yang dilakukan Jokowi semenjak menjadi presiden RI ke-7. Lebaran tahun ini ada sebanyak 4.000 paket sembako yang diberikan pada warga kurang mampu.

Paket sembako yang diterima warga Solo
Paket sembako yang diberikan Presiden Jokowi kepada warga Solo (MP/Ismail)

"Sebanyak 4.000 paket sembako ini perinciannya, 1.000 paket khusus warga kurang mampu tanpa bawa kupon. Sementara 3.000 paket warga kurang mampu membawa tiket," kata dia.

Hariyanto menambahkan paket sembako ini berisikan minyak goreng 1 liter, teh celup satu kotak, gula 1 kg, dan beras 5 kg. Data penerima paket ini diberikan oleh camat dan kelurahan.(*)

Berita ini ditulis berdasarkan laporan Ismail, reporter dan kontributor merahputih.com untuk wilayah Jawa Tengah.



Eddy Flo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH