Mudik Diprediksi Mulai 30 Mei, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 08 Mei 2019
Mudik Diprediksi Mulai 30 Mei, Polri Siapkan Rekayasa Lalu Lintas
Pemudik motor. ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A./asf/foc/15.

MerahPutih.com - Polri memperkirakan arus mudik mulai tanggal 30 Mei, sesuai dengan penetapan cuti bersama oleh pemerintah yang jatuh pada tanggal 30 Mei, 1-4 Juni dan 7 Juni.

"Di tahun 2019 ini akan terjadi peningkatan 30-40 persen dibandingkan tahun lalu," kata Kakorlantas Polri Irjen Refdi Andri dalam keterangan persnya kepada wartawan di Jakarta, Selasa (7/5).

Kakorlantas Polri Irjen Pol Refdi Andri. (ANTARA/ Anita Permata Dewi)

Refdi menjelaakan, Korlantas Polri telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas untuk kelancaran mudik tahun ini.

"Kamo melakukan analisa, evaluasi, perkiraan yang paling tepat untuk saat ini kita lakukan one way pada tanggal tertentu, hari tertentu dan juga mungkin jam-jam tertentu pada ruas-ruas tertentu baik pada saat mudik maupun balik," jelas Refdi.

Ia juga mengatakan pihaknya masih mengkaji wacana ganjil-genap ini. Wacana ini juga perlu disosialisasikan dengan matang kepada masyarakat.

"Genap-ganjil ini juga, kita akan bekerja keras untuk itu. Belum lagi masyarakat ini (harus) disosialisasikan, diinformasikan, sementara ruas-ruas jalan yang kita berlakukan genap-ganjil pada saat pintu masuk tol itu akan terjadi hal-hal yang sangat crowded," jelas Refdi.

Refdi menyampaikan wacana ganjil-genap ini telah dipaparkan di hadapan Kapolri Jenderal Tito Karnavian dan sejumlah pejabat pada saat video conference.

"Semua pejabat Mabes Polri tampaknya setuju dengan pemberlakuan itu dan mudah-mudahan juga keberadaan anggota kita di lapangan bersamaan dengan pemberlakuan itu Pantura dan jalur selatan akan bisa kita perbuat," katanya.

Refdi mengimbau warga yang hendak mudik agar merencanakan perjalanannya dengan baik. Pemudik diimbau memperhatikan kondisi kesehatan sebelum berangkat.

ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/asf/foc/15.

"Kemudian kondisi kendaraan bahwa kendaraan dalam kondisi prima bahwa siap juga mematuhi aturan yang ada di jalan," katanya.

Pastikan bahan bakar kendaraan mencukupi untuk perjalanan. Warga juga diimbau mengisi uang elektronik sebelum berangkat. (Knu)

#Arus Mudik
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan