Mudik Dilarang, Suasana Lebaran di Jakarta Diprediksi bakal Lebih Padat Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo. ANTARA/Fianda Rassat

MerahPutih.com - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya mengklaim telah memetakan titik lalu lintas yang diperkirakan akan ramai saat Hari Raya Idul Fitri tahun ini.

Salah satunya tak lain adalah Ibu Kota yang diperkirakan volume kendaraanya tidak akan menurun. Biasanya pada Hari Lebaran Jakarta bisa lengang dari kendaraan lantaran banyak warga yang mudik ke daerah.

Baca Juga

Polisi Bakal Kejar Pengedar Surat Keterangan Sehat dan Bebas Corona

Namun, tahun ini diketahui mudik dilarang oleh pemerintah. Alasannya tak lain guna mencegah penyebaran virus corona atau COVID-19 yang hingga kini maih terjadi di Tanah Air.

"Lebaran sebelumnya DKI Jakarta lebih renggang karena orang mudik ke kampung halamannya masing-masing, tetapi tahun ini (nampaknya) akan lebih padat," ujar Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Kombes Sambodo Purnomo Yogo saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (15/5).

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo. ANTARA/Fianda Rassat
Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Sambodo Purnomo Yogo. ANTARA/Fianda Rassat

Maka dari itu, guna mengantisipasi kepadatan lalin serta hal-hal yang tidak diinginkan, Sambodo mengaku akan mengerahkan seluruh anggotanya guna bersiaga pada titik yang diperkirakan volume kendaraanya akan meningkat. Sambodo menegaskan pihaknya sudah siap mengamankan lalin saat Lebaran tahun ini.

"Tentu kami akan bersiaga dan mengatur jadwal libur anggota, artinya kami akan atur mana yang bisa kebagian akan libur karena itu tanggal merah, mana yang libur hari itu, mana yang diberikan salat kemudian turun ke jalan lagi mengatur arus lalu lintas," kata Sambodo.

Polisi juga melarang adanya takbir keliling di tengah pandemi virus corona. Menurut Sambodo, takbir keliling tak boleh dilakukan karena bisa mengundang kerumunan lebih dari lima orang. Selain itu, selama penerapan PSBB, warga juga diimbau untuk beraktivitas di rumah.

“Tentu saja itu (takbir keliling) sangat tidak elok kalau takbir keliling saat PSBB seperti saat ini,” ungkap Sambodo.

Baca Juga

Picu Kerumunan, Takbir Keliling Jelang Idulfitri Dilarang

Dengan ini, personel yang diturunkan akan ditambah untuk mengawasi adanya kegiatan tersebut.

“Kita juga pastikan akan meningkatkan jumlah personel untuk mengawasi jangan sampai ada orang melaksanakan takbiran secara keliling karena itu kan suatu kerawanan sendiri,” kata Sambodo. (Knu)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH