Mudik Bawa Bayi dengan Kendaraan Pribadi? Begini Persiapannya Siapkan keperluan bayi sebelum mudik. (Foto: Consumerreports)

MEMILIKI bayi tidak menjadi halangan untuk mudik. Menunggu si kecil tumbuh besar, terlalu lama. Pernah terbersit betapa ribetnya mudik membawa bayi?

Tenang, tidak usah panik dulu. Jika tahu tipsnya, kamu tidak perlu panik. Salah satu tantangan mudik adalah menghadapi kemacetan luar biasa di perjalanan. Maklum, mudik masih menjadi tradisi.

Selain macet, membawa bayi juga menjadi tantangan tersendiri. Macet membuat perjalanan menjadi lebih lama. Akibatnya, bayi merasa bosan dan rewel. Agar si kecil tidak rewel selama di perjalanan, ada beberapa tips yang dapat kamu praktikkan.


Jika tahu jurusnya, si kecil tidak akan rewel selama perjalanan mudik. (Foto: Huffingtonpost)

1. Jaga kendaraan dalam kondisi prima

Mobil akan menjadi rumah kedua selama perjalanan mudik. Karenanya, amat penting menyiapkan mobilmu semaksimal mungkin. Persiapan yang kamu perlukan adalah kesiapan kondisi mesin. Jangan sampai mobil mogok di jalan. Si kecil akan merasa bosan dan akhirnya menangis. Selain itu, persiapan AC juga amat penting. Kalau pendingin udara panas, bayi tentunya akan merasa tidak nyaman.

2. Siapkan seluruh perlengkapan bayi

Dalam hal ini, si kecil ialah raja. Siapkan seluruh peralatan yang biasa ia gunakan selama di rumah. Agar lebih mudah dan tidak ada yang terlupakan, kamu bisa membuat daftar terlebih dulu. Peralatan bayi bisa meliputi stroller, high chair, car seat, perlengkapan tidur, popok, hingga mainan yang biasa dimainkan bayi. Bayi bukan hanya nyaman, tetapi juga akan merasa sangat senang selama perjalanan.

3. Siapkan MPASI

Makanan bayi atau MPASI amat penting. Persiapkan MPASI sesuai usia bayi. Artinya kamu juga harus menyiapkan peralatan membuat MPASI semisal blender, pisau kecil, termos dan saringan. Jika memang kelihatannya tidak sempat menyiapkan MPASI selama perjalanan, kamu bisa menggantinya dengan MPASI instan. Sebaiknya siapkan MPASI selagi sempat. Jangan lupakan tisu kering dan basah untuk MPASI. Menurut WHO, MPASI yang baik sebelum bayi menginjak usia satu tahun adalah tanpa gula dan garam.

Siapkan MPASI untuk bayi. (Foto: Verywellfamily)

4. Ajak main selama perjalanan

Perjalanan yang berjam-jam tentu akan membuat bayi sangat bosan. Kamu bisa mengatasi kebosanan si kecil dengan mengajaknya bermain selama di perjalanan. Caranya mudah saja kok. Kamu bisa mengajaknya bermain sambil menunjuk pemandangan di luar. Ajari bayi mengenali pemandangan di luar seperti mengenalkan pohon. Sebagai tambahan, ajak si kecil bermain dengan mainan yang kamu bawa.

5. Buat si kecil selalu nyaman

Arti nyaman sangat luas. Yang terpenting jaga selalu kesehatan si kecil. Lalu perhatikan juga kondisi si bayi. Walaupun si kecil tertidur di carseat, tidak melulu ia merasa nyaman. Tentu badannya bisa pegal. Kalau kelihatannya si kecil sudah tidak nyaman, sebaiknya kamu cari tempat penginapan di daerah sekitar. Biarlah bayi kamu istirahat semalam baru keesokan harinya melanjutkan perjalanan. (Ikh)

Kredit : digdo

Tags Artikel Ini

Ikhsan Digdo

LAINNYA DARI MERAH PUTIH